Awas! Merokok di Tempat Umum Soppeng Bisa Didenda Rp 5 Juta

0
Merokok di Tempat Umum Soppeng Bisa Didenda Rp 5 Juta
Ilustrasi

Supernews.id, Soppeng – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng, Sulsel, dan DPRD setempat telah menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Perda tersebut mengatur tentang lokasi terlarang merokok serta sanksi yang akan menanti kalau warga tetap nekat merokok.

Beberapa tempat larangan merokok yang telah ditetapkan seperti di fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, tempat bermain anak, tempat ibadah, sarana olah raga, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum lainnya.

Kabag Hukum Perundang-undangan Pemkab Soppeng, A Bahkri Alam mengatakan bahwa perda tersebut sudah dikoordinasikan dengan Biro Hukum Pemprov Sulsel. Sanksi akan diberlakukan di tempat yang masuk KTR. “Penerapannya menunggu Perbup,” kata A Bakhri Alam.

Selain larangan merokok pada area KTR, juga ada larangan untuk menjual rokok, membuat rokok, menyelenggarakan iklan rokok, dan mempromosikan rokok.

Kini, Pemkab Soppeng, sudah mulai mensosialisasikan Perda larangan merokok tersebut. Bahkan, Wakil Bupati Soppeng Supriansa, Senin (8/5/2017) mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan kepada kepala kemenag Soppeng Huzaemah, agar melanjutkannya kepada mubalig, untuk mensosialisasikan larangan merokok.

Sehingga setiap kali para mubalig adakan ceramah atau khutbah jumat di mesjid, bisa menyisipkan pada isi khutbahnya tentang Perda larangan merokok di Soppeng. Bagi yang ditemukan merokok ditempat umum, maka akan dikenakan sanksi berupa uang Rp 5 juta.

loading...