Jalan Poros Angkona Yang Tertutup Material Longsor Sudah Bisa Dilalui

0
Jalan Poros Angkona Yang Tertutup Material Longsor Sudah Bisa Dilalui

Supernews.id, Luwu –  Bencana alam tanah longsor yang melanda Dusun Ujung Batu, Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Jumat (12/5/2017) pagi, sempat menimbun Jalan Trans Sulawesi di Dusun Ujung Batu sepanjang 100 meter.

Jalan yang menghubungkan Provinsi Sulsel dengan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah ini, kini sudah bisa dilalui kembali, Sabtu (13/5/2017). Material longsoran yang sempat menimbunnya sudah dibersihkan dengan menggunakan alat berat.

Meski begitu, untuk sementara hanya kendaraan tertentu saja yang bisa melewati jalan tersebut. Saat ini, Polisi Lalu Lintas Polres Luwu Timur dan dinas perhubungan setempat masih menerapkan sistem buka tutup untuk bisa melalui jalan tersebut.

Baca juga: Berita Terkini: Tanah Longsor Melanda Angkona Luwu Timur Tewaskan 7 Orang

Bahkan di Desa Watangpanua, Kecamatan Angkona dan Desa Tarengge, Kecamatan Wotu ditempatkan pos kendali arus lalu lintas, agar hanya pengendara yang memiliki kepentingan dengan bencana saja yang bisa masuk.

“Kami masih alihkan jalur kendaraan untuk mencegah hal tidak diinginkan. Ini juga untuk mempercepat proses evakuasi di lokasi longsor,” kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Luwu Timur, seperti dilansir tribunlutim.

Jalur alternatif satu-satunya memang cuma lewat Desa Watangpanua tembus ke Kecamatan Mangkutana.

Sebelum diberikana, longsor yang terjadi di Dusun Ujung Batu berlangsung di dua titik secara bersamaan sekitar pukul 05.30 Wita. Jarak antara titik lokasi longsor pertama dengan lokasi yang kedua cuma sekitar 150 meter.

Sebelum bencana alam tersebut terjadi, hujan sempat mengguyur daerah itu dari Kamis malam hingga Jumat dini hari. Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, sekitar  14 unit rumah penduduk yang rubuh tertimbun material longsoran.

“Korban meninggal sebanyak tujuh orang. Enam orang dewasa dan satu diantaranya balita,” kata Kepala BPBD Luwu TImur, Muh Zabur.

Hingga saat ini, tim evakuasi dari Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, TNI dan Polri serta bantuan dari warga setempat masih melakukan evakuasi di lokasi longsor.

loading...