Begini Pesan PLT Bupati Barru Saat Hadiri Acara Mappadendang

0
Begini Pesan PLT Bupati Barru Saat Hadiri Acara Mappadendang
PLT Bupati Barru Suardi Saleh saat beri sambutan dalam acara mappadendang di dusun Matajang Desa Lalabata, Kec. Tanete rilau, barru, Sabtu (13/5/2017)

Supernews.id, Makassar – Ribuan warga padati acara adat pesta panen “Mappadendang” di lapangan Dusun Matajang, Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sabtu,(13/5/2017), kegiatan mappadendang dilaksanakan turun temurun di Daerah ini.

Dalam acara tersebut turut hadir Camat Tanete Rilau, Muhammad Hudri dan PLT Bupati Barru Suardi Saleh sekaligus membuka acara.

Dalam Sambutanya Suardi Saleh sangat mengapresiasi adanya kegiatan adat Mappadendang ini, Ia juga menghimbau Masyarakat agar tetap menjaga silaturahmi dan kerukunan bermasyarakat khusunya di Desa Lalabata.

“Kegiatan Mappadendang ini harus diapresiasi dengan baik, apalagi merupakan kegiatan Adat yang patut untuk dilestarikan, Saya atasnama pemerintah kabupaten Barru menghimbau masyarakat agar kiranya di Desa Lalabata tetap menjaga kerukunan bermasyarakat, mengingat pesta demokrasi di Desa ini baru-baru dilaksanakan, jadi tidak ada lagi nomor 1,2,3 dan seterusnya, tidak adalagi tim pemenagan, sekarang yang perlu kita kedepankan adalah bagaimana masyarakat dan pemerintah setempat dalam hal ini Pak Desa bisa bersama-sama dalam membangun Daerah,” tuturnya.

Salah satu Pappadenda (warga) saat melakukan atraksi sere api. (Iwk/Sn)

Sementara itu Herman bin Tamrin kepala Desa Lalabata saat di wawancarai dilokasi, mengungkapkan kegiatan mappadendang dilaksanakan setiap empat tahun sekali setelah panen padi.

“Mappadendang merupakan kegiatan adat yang dilaksanakan empat tahun sekali, sebagai bentuk rasa syukur terhadap karunia Tuhan Yang Maha Esa atas berkahNya, ini sudah turun temurun dari nenek moyang, jadi sebagai masyarakat desa Lalabata tentunya harus melestarikan pesta adat seperti ini, kita dapat melihat antusias masyarakat yang hadir, begitu bahagia dan bersorak ria, acara ini akan ditutup dengan sere api, yang tentunya dilakukan oleh orang yang terlatih,” ungkapnya.

“Saya sebagai pemerintah lingkup Desa mengharapkan agar kiranya acara seperti ini bisa terus dilaksanakan sebab selain sebagai acara adat ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi dikalangan masyarakat Desa Lalabata,” harapnya.(Iwk)

loading...