Cara Ampuh Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk tanpa Antivirus

0
Cara Ampuh Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Supernews.id, Bandung – Virus shortcut merupakan salah satu jenis virus yang paling menjengkelkan, virus ini sering muncul di berbagai media penyimpanan seperti Flashdisk atau media lainnya.

Pada dasarnya, virus shortcut hadir pada Flashdisk karena tertular oleh virus yang didatangkan dari media lain, bisa jadi komputer itu sendiri. Begitu juga sebaliknya, komputer yang awalnya bersih dari virus, bisa terinfeksi kalau ditancapkan Flashdisk yang sudah terkontaminasi oleh virus ini.

Sebenarnya, sudah banyak antivirus yang mampu mengatasi virus shortcut saat ini. Cuma yang jadi persoalan adalah kalau komputer atau laptop tersebut tidak memiliki antivirus, bagaimana cara menghilangkannya?

Tak usah khawatir karena ternyata kita bisa menghilangkan virus shortcut di flashdisk tanpa antivirus. Bagaimana caranya, yuk ikuti tips cara ampuh menghilangkan virus shortcut di Flashdisk berikut ini.

    • Tancapkan atau colokan Flashdisk yang telah terinfeksi ke komputer kemudian buka Flashdisk tersebut.
    • Klik “Organize” lalu klik “Folder and search options”.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

    • Aktifkan “Show hidden files, folders, and drives” lalu unchecklist pada “Hide protected operating system files (Recommended)“. Jika muncul notice seperti di bawah, Klik “Yes”.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

    • Sampai disini, folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden.
    • Untuk menormalkannya kembali, buka command prompt (CMD). Caranya, tekan tombol berlambang Windows di keyboard dan huruf R (run).

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

    • Setelah halaman command prompt terbuka, ketik lokasi dari flashdisk tersebut.  misalnya di drive G, maka anda harus ketik G:, lalu tekan tombol enter.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk tanpa Antivirus

    • Kemudian ketik perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d seperi pada gambar dibawah, dan tunggu prosesnya beberapa saat.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk tanpa Antivirus

  • Setelah proses selesai, maka semua folder yang telah ‘dihilangkan’ atau ‘disembunyikan’, oleh virus tersebut, akan kembali muncul. Langkah selanjutnya, hapus virus itu atau folder yang menurut anda aneh dan tidak jelas.

Nah sekarang flashdisk sudah kembali bersih dan bebas dari virus shortcut yang menjengkelkan.

loading...