Gol Telat Tantan Selamatkan Muka Persib

0
Foto: Google Images

Bermain di hadapan puluhan ribu bobotoh yang memadati stadion Si Jalak Harupat, Persib Bandung hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Sriwijaya FC dalam gelaran kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, Sabtu (30/4). Bahkan anak asuh Dejan Antonic tersebut nyaris dibuat malu oleh tamunya sebelum Tantan mencetak gol di masa perpanjangan waktu babak kedua.

Bertindak sebagai tuan rumah, Persib Bandung tampil menyerang sejak wasit meniup peluit kick off babak pertama. Permainan cepat mereka peragakan sehingga pemain-pemain Sriwijaya tak bisa berbuat banyak selain bertahan.

Maung Bandung yang terus menekan mendapat peluang pertama lewat tandukan Vladimir Vujovic yang masih melambung dari gawang Laskar Wong Kito yang dijaga Teja Paku Alam.

Sriwijaya yang sepanjang pertandingan babak pertama bukannya tanpa peluang, di menit ke-28 Sriwijaya mendapatkan peluang melalui sepakan Alberto Goncalves. Namun, tendangan pria Brasil tersebut masih jauh dari sasaran.

Persib yang keasyikan menyerang justru kecolongan di menit akhir pertandingan babak pertama. Beto berhasil mengkonversi umpan rekannya dari sisi kanan menjadi gol lewat tandukannya di menit ke-45+2. Papan skor berubah 0-1 untuk keunggulan tim tamu hingga turun minum.

Tertinggal satu gol membuat Persib langsung bermain menyerang sejak babak kedua dimulai. Di menit ke-54 Samsul Arif melepaskan tembakan ke gawang Sriwijaya. Namun, Teja Paku Alam masih bisa mengamankannya.

Terus menemui jalan buntu, Dejan Antonic menarik keluar Atep dan memasukkan David Laly untuk mempertajam serangan Persib. Hadirnya David Laly di lapangan mambuat serangan Persib makin bervariasi. Sementara itu Sriwijaya masih terus bertahan dan sesekali melakukan serangan balik.

Menit ke-78 Samsul Arif ditarik keluar dan digantikan oleh pemain muda Febri Hariyadi. Skuad Maung Bandung terus menggempur pertahanan Sriwijaya. Namun, hingga menit-menit menjelang waktu normal berakhir serangan Persib yang dikomandoi Kim Kurniawan tak juga membuahkan hasil.

Tambahan waktu empat menit diberikan oleh tim official. Di masa perpanjangan waktu Persib mendapat peluang melalui tandukan Belencoso namun masih lemah dan dapat ditangkap dengan mudah oleh Paku Alam.

Akhirnya stadion Si Jalak Harupat gegap gempita berkat gol dari Tantan di menit ke-90+2. Tantan berhasil memanfaatkan kesalahan antisipasi dari kiper Paku Alam yang bermaksud menghalau bola hasil sepakan David Laly dari situasi sepak pojok. Bola jatuh di kaki Tantan dan langsung menendangnya ke gawang Sriwijaya.

Kedua tim akhirnya harus puas dengan raihan masing-masing 1 poin.

Susunan pemain kedua tim:

Persib (4-2-3-1‎): I Made Wirawan; Purwaka Yudhi, Vladimir Vojovic, Yanto Basna, Tony Sucipto; Hariono, Kim Kurniawan; Robertino Pugliara, Samsul Arif Atep (C); Juan Belencoso
Pelatih: Dejan Antonic

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam; Wildansyah, Achmad Jufriyanto, Fachrudin, Supardi; AA Ngurah Nanak, Yu Hyun Koo Firman Utina; M Ridwan, Hilthon Moreira, Alberto Goncalves
Pelatih: Widodo Cahyono Putro