Lika Liku Prosesi Pemakaman Yana Zein Hingga Akhirnya Sampai di Peristirahatan Terakhir

1

Supernews.id – Artis senior Tanah Air Yana Zein meninggal dunia pada hari Kamis, 1 Juni 2017 dini hari waktu Indonesia bagian Barat. Seperti diketahui bersama bahwa Yana meninggal karena menderita penyakit kanker stadium empat.

Yana harus berjuang selama satu tahun lamanya untuk memerangi penyakit kanker yang ia derita, empat hari sebelum kematiannya, Yana pulang ke tanah air setelah berobat dari China empat bulan lamanya. Saat itu Yana sempat mengaku bahwa kanker yang menggerogoti tubuhnya 80 persen musnah, akan tetapi naas satu hari setelah itu dirinya lantas drop dan sempat koma hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir.

Sempat beredar kabar sebelumnya bahwa Yana Zein dimakamkan dengan proses Kristiani mengikuti agama ibunya. Sempat pula dikabarkan bahwa keluarga kehabisan biaya untuk membeli peti jenazah Yana hingga membuat bingung. Setelah membeli dan hendak dimakamkan, seorang pria paruh baya datang sebelum Yana dimakamkan.

Baca juga: Miris! Kotak Sumbangan Yana Zein Hilang Dibawa Maling, Ini Sosok Pencurinya

Pria ini mengaku bernama Nurzaman dan adalah ayah kandung Yana Zein. Bapak ini menjelaskan dan bersikukuh apabila anaknya adalah muslim. Kedatangannya jauh-jauh dari Sumatera hanya untuk mengembalikan aqidah atau membawa anaknya kembali ke agama Islam dan melakukan proses pemakaman secara Islam.

Sempat terjadi perseteruan dan debat panjang antara ibu dan ayah Yana. Disebutkan oleh Swetlana Zein apabila ayah Yana sudah lama meninggalkan Yana dan bahkan tidak memberikan nafkah.

Namun setelah perdebatan panjang tersebut, akhirnya disepakati Yana Zein dimakamkan dengan proses Islam. Yana Zein pun dimakamkan di TPM (Tempat Pemakaman Muslim) Gandul, Cinere, Depok pada hari Jumat, 2 Juni 2017 kemarin. Bahkan pemakaman ini berjalan begitu dramatis hingga Yana diturunkan ke liang lahat tempat peristirahatan terakhirnya.

Hal tersebut lantaran saat pemakaman berlangsung disebutkan apbila liang lahat yang akan digunakan untuk pemakaman Yana tidak cukup untuk Yana Zein dan juga belum tersedia batu nisan. Memang menurut pihak keluarga langkah untuk prosesi pemakaman secara islami ini dadakan.

Keluarga pun sempat kebingungan mempersiapkan segala macam yang harus disediakan untuk pemakaman. Papan nisan yang belum sempat dipesanpun akhirnya ditulis tangan dengan spidol oleh sahabatnya Ayu Azhari.

loading...