5 Cara Mencegah Dehidrasi Selama Bulan Puasa

0
5 Cara Mencegah Dehidrasi Selama Bulan Puasa

Supernews.id, Bandung – Untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama bulan puasa, di sarankan untuk mengonsumsi makanan makanan yang seimbang, dan usahakan agar tetap terhidrasi sebelum dan sesudah hari puasa. Hal ini membantu Anda tetap bersemangat sepanjang hari.

Beberapa risiko dehidrasi jika Anda tidak cukup minum air putih sebelum puasa, diantaranya bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, lesu, dan letih. Dilansir dari laman liputan6, berikut ini 5 Cara Mencegah Dehidrasi Selama Bulan Puasa.

1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein

Sebisa mungkin untuk menghindari minuman yang mengandung kafein seperti Kopi dan teh. Karena kafein mempunyai efek diuretik yang bisa meningkatkan produksi urin. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengakibatkan rasa haus yang berlebih. Sebaiknya untuk tetap minum air putih agar terhidrasi sepanjang hari.

Pastikan minum segelas air putih atau air yang dicampur bersama dengan buah manis seperti kurma untuk membantu Anda tetap terhidrasi saat berbuka puasa.

2. Makan banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran memang sangat baik untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran bisa menjaga anda agar tetap terhidrasi. Karena Buah dan sayuran kaya akan kandungan air.

Anda bisa makan semangka, ketimun, seledri, tomat dan belimbing. Buah-buah ini kaya dengan kandungan airnya.

3. Hindari makanan pedas atau asin

Makanan yang pedas dan asin bisa meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Anda tetap bisa mengonsumsinya tapi usahakan cukup dalam porsi yang kecil. Dan pastikan jika anda memasak menu buka puasa atau menu sahur usahakan untuk tidak menggunakan garam terlalu banyak atau terlalu banyak bumbu.

4. Hindari menenggak minuman dalam sekali teguk

Hindari untuk meminum air dalam sekali tegukan, karena hal tersebut bisa menyebabkan tubuh segera mengeluarkannya. Untuk itu teguklah secara perlahan-lahan minumannya.

5. Hindari paparan panas

Usahakan hindari panas sebisa mungkin. Suhu panas bisa membuat anda cepat berkeringat yang mengakibatkan kehilangan cairan. Cobalah untuk tetap di rumah atau dan tetap berada pada lingkungan teduh atau sejuk.

loading...