Gerbang Tol Salatiga Mulai Dioperasikan Pada H-7 Lebaran

1
Gerbang Tol Salatiga Mulai Dioperasikan Pada H-7 Lebaran
Foto: Kompas.com

Supernews.id, Jakarta – Gerbang Tol Salatiga di Jawa Tengah mulai dioperasikan pada H-7 Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Hal tersebut diungkapkan oleh Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ), Fauzi Abdul Rahman, Rabu (7/6/2017).

Diharapkan, dengan dioperasikannya gerbang tol ini bisa membantu untuk menangani arus mudik lebaran tahun ini. “Insya Allah H-7 sudah difungsikan untuk arus mudik Lebaran,” kata Fauzi, seperti dilansir Kompas.com.

Fauzi melanjutkan, bahwa di ruas seksi III Bawen-Salatiga sempat mengalami kendala karena disitu ada bukit, tepatnya di Desa Polosiri, Bawen, Semarang dekat jembatan Tuntang.

Baca juga: Viral, Foto Gerbang Tol Salatiga Dengan Pemandangan Yang Panoramik

Selain itu, ada juga kendala di Polosiri, dan itu sempat menarik perhatian Presiden Joko Widodo. Sehingga Pada 8 April 2017, Jokowi datang langsung untuk meninjau lokasi yang menjadi kendala tersebut.

Sedikitnya ada sekitar 250.000 meter kubik tanah harus diambil agar mencapai kelandaian sesuai standar kelayakan jalan raya.

Namun, upaya cut and fill ini terkendala dengan curah hujan yang tinggi, sehingga dari target pengerukan 8.000 meter kubik per hari tidak bisa dicapai, hanya bisa 4 hingga 5 meter kubik saja kalau sedang hujan. “Tapi sekarang semuanya sudah diatasi,” ujar Fauzi.

Tol Semarang-Solo nantinya akan memiliki panjang total kurang lebih 75,2 kilometer. Tol ini dibagi menjadi empat seksi, seksi I Semarang-Ungaran sekitar 11 kilometer, seksi II Ungaran-Bawen sekitar 12 kilometer, seksi III Bawen-Salatiga 17,56 kilometer. Seksi IV, Salatiga-Solo sedang dalam tahap konstruksi.

loading...