Atletico Madrid Road to Final Milano 2016

0
Foto: EPA

Perjuangan luar biasa Atletico Madrid di Liga Champions musim ini berbuah manis. Tim arahan Diego Simeone berhasil mencapai partai puncak kompetisi tertinggi klub-klub eropa untuk yang kedua kalinya dalam kurun dua musim terakhir.

Berikut ini rangkuman perjalanan Los Rojiblancos dari babak penyisihan grup sampai babak semifinal.

Matchday 1 Grup C: Galatasaray 0-2 Atletico Madrid

Dua gol Antoine Griezmann membungkam suporter yang hadir di Turk Telekom Arena, markas Galatasaray, sekaligus membawa pulang tiga poin penuh.

Matchday 2 Grup C: Atletico Madrid 1-2 SL Benfica

Tampil di Vicente Calderon Atletico justru harus mengakui keunggulan tamunya, Benfica. Los Colchoneros unggul lebih dulu lewat gol dari Angel Correa. Namun keunggulan tersebut tak berarti tatkala The Eagles membalas dengan dua gol yang dicetak masing-masing oleh Nicolas Gaitan dan Goncalo Guedes.

Matchday 3 Grup C: Atletico Madrid 4-0 FC Astana

Atletico yang unggul jauh secara kualitas tak menemukan kesulitan berarti kala menjamu FC Astana. Griezmann cs membantai tamunya empat gol tanpa balas.

Matchday 4 Grup C: FC Astana 0-0 Atletico Madrid

Tampil gagah di kandang, Atletico justru tertahan saat bertandang ke markas Astana. Secara mengejutkan wakil Kazahkstan memberikan perlawanan yang membuat Atletico tak bisa berbuat banyak. Hasil ini membuat Atletico tertinggal dua poin dari Benfica yang berada di puncak klasemen.

Matchday 5 Grup C: Atletico Madrid 2-0 Galatasaray

Lagi-lagi Griezmann menjadi momok bagi wakil Turki tersebut. Dua gol Griezmann tak mampu dibalas satupun oleh Wesley Sneijder cs. Kemenangan ini membuat Atletico mengoleksi poin yang sama dengan Benfica di puncak klasemen karena Benfica hanya bermain imbang melawan Astana.

Matchday 6 Grup C: Benfica 1-2 Atletico Madrid

Kemenangan ini membuat Atletico lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Leg Pertama Babak 16 Besar: PSV 0-0 Atletico Madrid

Permainan keras menjurus kasar dan minim peluang adalah gambaran yang pas pada laga ini. Alhasil tak ada gol yang tercipta.

Leg Kedua Babak 16 Besar: Atletico Madrid 0-0 PSV (adu penalti 8-7)

Atletico harus menunggu hingga babak adu penalti untuk melaju ke fase selanjutnya. Eksekutor PSV, Luciano Narsingh menjadi satu-satunya yang gagal menjalankan tugas. Atletico lolos dengan keunggulan 8-7.

Leg Pertama Babak Perempatfinal: Barcelona 2-1 Atletico Madrid

Atletico harus mengakui keunggulan Barcelona di Camp Nou. Pada pertandingan tersebut Fernando Torres diusir wasit lantaran dianggap mengasari pemain Barcelona yang terkenal “tukang diving”.

Leg Kedua Babak Perempatfinal: Atletico Madrid 2-0 Barcelona

Ball possesion Barcelona tak mempan dengan strategi cerdik Diego Simeone. Dengan serangan balik cepat Atletico mampu mengangkangi Barcelona dengan skor 2-0 dan Atletico lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 3-2 atas Barcelona.

Leg Pertama Babak Semifinal: Atletico Madrid 1-0 Bayern Munchen

Solo run Saul Niguez melewati tiga pemain Bayern berakhir dengan gol yang bersarang di jala Manuel Neuer. Atletico unggul 1-0 di leg pertama babak semifinal.

Leg Kedua Babak Semifinal: Bayern Munchen 2-1 Atletico Madrid

Leg kedua diwarnai dengan dua penalti yang sama-sama gagal dimanfaatkan oleh kedua kubu. Meskipun Atletico kalah 2-1 dan secara agregat imbang 2-2, Los Rojiblancos berhak lolos berkat produktivitas gol tandang dan akan menantang rival sekota Real Madrid. Mampukah Atletico membalas kekalahan di final dua tahun silam?

loading...