Italia Tanpa Verratti di Euro 2016

0
Foto: L'Equipe

Perhelatan Euro 2016 di Perancis tinggal menghitung hari saja. Sejumlah tim nasional yang sudah memastikan tampil melakukan persiapan untuk menghadapi kompetisi empat tahunan tersebut, Sabtu (6/5).

Namun di tengah persiapan tersebut sejumlah negara terganggu dengan adanya pemain yang dibekap cedera. Meskipun ada penggantinya, tetapi pemain yang cedera sedikit banyak bisa mengganggu keseimbangan tim apalagi jika pemain tersebut merupakan tumpuan utama baik di klubnya maupun di tim nasional.

Kondisi tersebut saat ini tengah dialami timnas Italia, dimana gelandang andalan mereka, Marco Verratti dibekap cedera pangkal paha dan tidak akan ikut berlaga di Euro 2016.

Kepastian absennya gelandang mungil tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak klub, Paris Saint-Germain lewat laman resmi mereka. Mantan gelandang Pescara akan menjalani operasi akhir bulan Mei nanti di Doha, Qatar.

“Marco Verratti telah memutuskan untuk menjalani operasi demi menyembuhkan cedera pangkal paha kaki kana yang dideritanya. Operasi akan berlangsung di Doha pada 16 Mei, mendatang. Ia diperkirakan akan absen selama delapan minggu,” tulis PSG dalam laman resmi klub.

Pasca operasi, Verratti harus absen dua sampai tiga bulan ke depan. Ini berarti Italia takkan diperkuat pemain kelahiran 5 November 1992 tersebut di Euro 2016. Absennya Verratti jelas merugikan skuad Gli Azzurri besutan Antonio Conte. Pasalnya Verratti merupakan gelandang yang sangat dibutuhkan Conte untuk mengarungi kompetisi antarnegara benua eropa tersebut.

Verratti tidak dapat membela PSG di sisi pertandingan akhir musim ini. Ia akan absen membela Italia di Piala Eropa. Semoga, operasi Veratti berjalan lancar dan kembali ke performa terbaiknya untuk PSG dan Italia,” lanjut PSG di laman resmi klub.

Sementara itu, Jerman juga dipastikan tanpa Ilkay Gundogan di Euro 2016 nanti. Gelandang 25 tahun tersebut masih berkutat dengan cedera tempurung lutut yang di deritanya sejak tahun 2015.

Sebenarnya Gundogan sudah terlihat berlatih bersama kawan-kawannya di Borussia Dortmund, akan tetapi dirinya harus menyingkir karena cedera yang dideritanya kambuh.

Akibatnya Gundogan harus rela menonton rekan-rekannya di timnas Der Panzer berlaga di Euro 2016 via layar televisi.