Transfer Pemain di Premier League Memang Gila

0
premier league
Dok: Craig Brough/Reuters

Supernews.id – Klub-klub Premier League memang dikenal ‘doyan’ membelanjakan banyak uang untuk mendatangkan pemain baru di bursa transfer. Seperti pada bursa transfer musim panas ini, dua klub asal Manchester saja sudah membelanjakan nyaris 240 juta poundsterling untuk beberapa pemain.

Manchester United telah membelanjakan 101 juta poundsterling untuk mendatangkan Romelu Lukaku dan Victor Lindelof. Sementara Manchester City sudah mengeluarkan uang sekitar 130 juta pounds untuk empat pemain.

Berbeda jauh dengan dua tim asal Manchester yang terlhat sangat boros, Liverpool terkesan adem ayem pada bursa transfer musim ini. Mereka baru membelanjakan 36,9 juta poundsterling untuk mendatangkan Mohammed Salah dari AS Roma, yang sekaligus memecahkan rekor transfer klub.

Mereka saat ini masih dikaitkan dengan pemain muda RB Leipzig, Naby Keita, untuk memperkuat lini tengah. Namun, saat ini Liverpool masih terganjal dengan banderol yang diminta oleh Leipzig, yaitu mencapai 80 juta poundsterling. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengakui jika bursa transfer di Premier League memanglah sangat gila-gilaan.

“Bursa transfer di Premier League memang suatu hal yang luar biasa gila. Sebab transfer ini tidak hanya mengaitkan klub yang akan memberikan uang untuk satu pemain saja, tapi juga menyangkut kepada klub yang membutuhkan uang ini. Standar harga yang gila akan selalu ditetapkan bagi pemain yang diinginkan oleh klub asal Inggris. Tidak semua klub, tapi ini hanya berlaku untuk klub-klub besar di liga Inggris,” ungkapnya pada Sky Sports.

Jurgen Klopp menilai bahwa harga yang dipatok memang seperti sudah dipatok dengan standar tinggi bagi klub Inggris, yang menginginkan seorang pemain. Dia berpendapat bahwa kondisi ini sangat tidak baik, karena tidak semua klub di Premier League mampu mengeluarkan dana besar seperti dua tim asal Manchester, yang tentunya akan ‘merusak’ klub-klub yang tidak mempunyai finansial kuat.

“Ketika klub di Premier League menginginkan seorang pemain yang tidak pernah Anda dengar di Jerman, maka Anda akan memperkirakan bahwa 25 juta poundsterling adalah harga standar untuk pemain tersebut. Ketika saya masih menangani Dortmund, kami masih bisa melakukan transfer kecil yang bagus hanya dengan harga 5 juta poundsterling,” jelas Klopp.

loading...