Ini Dia Tanggal Perilisan Xiaomi Mi 5X dan MIUI 9

0
xiaomi mi 5x
Dok: fonearena.com

Supernews.id – Baru-baru ini muncul bocoran poster yang mengungkapkan varian smartphone terbaru Xiaomi. Poster tersebut mengambarkan artis terkemuka Tiongkok, Chris Wu, yang sedang memegang handset. Kuat dugaan kalau handset yang dipegang olehnya adalah smartphone flagship terbaru bernama Xiaomi Mi 5X.

Saat dikonfirmasi tentang kebenaran dari poster tersebut, Xiaomi pun membenarkan bahwa mereka memang akan mengeluarkan produk terbaru, yang rencananya akan dirilis pada tanggal 26 Juli 2017 mendatang. Adapun dua produk baru yang akan dirlis oleh Xiaomi adalah Mi 5X dan MIUI 9. Keduanya akan dirilis secara bersamaan. Berita ini sekaligus menepis rumor sebelumnya yang memprediksi Xiaomi MIUI 9 akan dirilis bersama dengan Mi Max 2.

Sayangnya, poster tersebut hanya memperlihatkan bagian belakang dari smartphone tanpa memperlihatkan bagian depannya. Smartphone terbaru Xiaomi tersebut terlihat menggunakan bodi metal dengan dual kamera belakang pada sudut kiri atas dan sensor fingerprint yang berada di tengah-tengah.

Beberapa media memprediksi Xiaomi Mi 5X akan mengusung layar sebesar 5,5 inci dengan resolusi full HD. Untuk sektor dapur pacu akan menggunakan chipset Snapdragon 625 dan RAM sebesar 4GB. Xiaomi Mi 5X versi ini diprediksi akan dibanderol dengan harga 1.999 Yuan atau setara Rp 3,9 jutaan.

Beredar juga spekulasi lain yang menyebutkan bahwa Xiaomi Mi 5X akan memiliki varian dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Akan ada Mi 5X varian lain yang menggunakan chipset Snapdragon 660 dengan RAM 6GB. Namun kedua versi Mi 5X ini sama-sama menggunakan kamera berkemampuan 12 megapiksel, yang akan berada pada range sensor Sony IMX386 dan Sensor Samsung S5k3m3. Untuk kamera depan diperkirakan akan mempunyai resolusi 16 megapiksel.

Sementara untuk Xiaomi MIUI 9, masih belum beredar banyak bocoran yang menjelaskan spesifikasi dari interface terbaru Xiaomi itu. Namun, banyak pihak yang memprediksi fitur terbaru yang akan diusung interface ini di antaranya adalah split-screen dan mode picture-in-picture. Juru bicara dari pihak Xiaomi telah memberikan keterangan jika MIUI 9 ini akan tampil lebih powerfull, lebih stabil dan lebih elegan. Tapi belum ada keterangan apakah Xiaomi Mi 5X akan dibekali dengan MIUI 9 atau tidak.