Pantaskah Alvaro Morata Jadi Pengganti Diego Costa di Chelsea?

0
alvaro morata
Dok: Aitor Alcalde/Getty Images

Supernews.id – Alvaro Morata tinggal selangkah lagi menjadi pemain baru Chelsea. Tantangan baru pun telah menanti di depan. Pasalnya, The Blues pernah punya kisah yang indah bersama penyerang asal Spanyol lainnya, Diego Costa. Dengan tidak masuknya Costa pada rencana Conte musim depan, lantas mampukah Morata menggantikan peran kompatriotnya itu Chelsea?

Dalam tiga musim terakhir, Diego Costa menjadi mesin gol bagi Chelsea. Dalam 120 pertandingan, ia mampu menceploskan 59 gol di semua ajang. Statistik Costa di setiap laga juga cukup mentereng. Dilansir Whoscored, Costa rata-rata membuat 3,2 tembakan dan 1,2 umpan kunci per pertandingan. Akurasi tembakannya pun mencapai 53 persen. Sepanjang musim 2016/17 lalu, Diego Costa juga berhasil menciptakan 42 peluang dari 35 laga yang ia mainkan.

Akan tetapi, saat ini Costa telah memberi sinyal untuk hengkang dari Stamford Bridge. Dalam waktu dekat, Alvaro Morata pun kabarnya akan segera diumumkan menjadi penggantinya. Apakah penampilan Alvaro Morata musim lalu lebih baik dari Costa?

Di Real Madrid, Morata memanglah bukan pilihan utama sang pelatih, Zinedine Zidane. Ia hanya menjadi pelapis bagi Karim Benzema dan tentunya tidak di setiap pertandingan ia bisa turun sebagai starter. Di La Liga 2016/17 saja, Morata hanya bermain sebanyak 26 kali, dengan 12 di antaranya menjadi starter.

Memang, kontribusinya cukup besar bila ia diturunkan. Sebagai supersub, Morata berhasil membukukan 15 gol bagi Madrid di ajang La Liga. Squawka juga mencatat bahwa akurasi tembakan penyerang muda Spanyol itu mencapai 63 persen, lebih baik dari Costa. Akurasi operannya juga sedikit lebih baik dari kompatriotnya itu dengan catatan 78 persen operan sukses.

Jika mengacu pada statistik, maka keputusan Chelsea untuk menjadikan Alvaro Morata sebagai pengganti Costa bukanlah hal yang salah. Walau, The Blues memang harus menebus sang penyerang dengan harga yang sangat mahal. Beberapa media Inggris menyebutkan bahwa kedua tim telah menyepakati nilai transfer Morata yang mencapai angka 80 juta euro (70,8 juta poundsterling) atau setara Rp 1,2 triliun.

Apabila musim depan Alvaro Morata menjadi pilihan utama Antonio Conte di lini depan, akankah statistiknya lebih baik daripada Diego Costa, atau justru sebaliknya?