Tiongkok Blokir Aplikasi WhatsApp, Apa Alasannya?

0
aplikasi whatsapp
Dok: www.youthensnews.com

Supernews.id – Pemerintah Tiongkok memang dikenal sangat gemar memblokir akses situs-situs internet atau software aplikasi tertentu, yang dianggap berpotensi membahayakan keamanan negara. Terbaru, pemerintah Negeri Tirai Bambu membatasi akses para pengguna aplikasi WhatsApp. Hal ini diduga karena WhatsApp sendiri merupakan salah satu produk utama dari Facebook.

Pemblokiran aplikasi WhatsApp ini kabarnya dilakukan semata-mata demi memperketat keamanan akses internet di Tiongkok. Tapi, bukan berarti WhatsApp sama sekali tidak bisa diakses, melainkan akses aplikasi tersebut akan jadi terhambat. Dampaknya, para pengguna sering mengalami kesulitan saat ingin mengirimkan file media berupa foto dan video. Bahkan mengirim pesan teks pun kerap mengalami masalah.

Analisis keamanan internet pun akhirnya mengonfirmasi bahwa pemblokiran atau pengetatan akses ini memang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok. Namun seperti yang sudah disampaikan tadi, pemblokiran pada WhatsApp ini hanya setengahnya saja.

Sejauh ini, pemerintah Tiongkok masih belum memberi kejelasan tentang alasan mereka memblokir sebagian akses aplikasi WhatsApp. Tapi pengetatan akses internet seperti ini nantinya diperkirakan juga akan berbuntut pada pemblokiran aplikasi perpesanan tersebut secara menyeluruh.

Apabila pemblokiran secara menyeluruh pada aplikasi WhatsApp benar-benar terjadi, maka hal ini pastinya akan memberi keuntungan tersendiri pada para bisnis lokal di Tiongkok di sektor aplikasi perpesanan isntan. Sebab, selama ini Tiongkok juga sudah punya aplikasi perpesanan instan mereka sendiri yang bernama WeChat.

Dengan diblokirnya akses WhatsApp, masyarakat pun pasti akan beralih menggunakan aplikasi WeChat untuk saling berkirim pesan atau media. Di Tiongkok, aplikasi WeChat ini memang sudah melebihi kepopuleran WhatsApp di negara lain. WeChat bahkan juga sempat populer di beberapa negara, walau akhirnya mulai tenggelam karena beragam alasan.

Selain itu, pemerintah Tiongkok juga sangat getol melakukan pembatasan akses masyarakatnya terhadap situs-situs internet raksasa. Pemblokiran aplikasi WhatsApp ini pun makin memperpanjang daftar blokir tersebut. Beberapa situs dan software yang sudah diblokir di Tiongkok antara lain adalah Twitter, Facebook, Twitter, Wikipedia, Instagram, Blogspot, LINE, hingga Google Play.

Situs-situs yang diblokir itu pun akhirnya dibuatkan versi mereka sendiri yang berbahasa Tiongkok. Misalnya Weibo, yang disebut-sebut Twitter-nya Tiongkok.

loading...