Kiper Termahal Dunia Jalani Debut, Bagaimana Kiprahnya?

0
kiper termahal dunia
Dok: Bob Levey/Getty Images

Supernews.id – Kiper termahal dunia, Ederson Moares, menjalani pertandingan debutnya bersama Manchester City. Statusnya itu pun membuat Ederson menjadi sorotan dalam pertandingan menghadapi Manchester United di turnamen pra-musim International Champions Cup 2017, Jumat (21/7/2017) pagi WIB.

Ederson Moares diboyong City dari Benfica pada awal bursa transfer musim panas ini dengan harga 35 juta poundsterling. Nilai itu pun membuatnya menjadi kiper termahal dunia, mematahkan rekor Gianluigi Buffon saat hijrah dari Parma ke Juventus, yang telah bertahan selama 16 tahun.

Manchester City rela menggelontorkan dana besar untuk pemain berumur 23 tahun itu, guna memperbaiki kualitas penjaga gawang mereka. Pasalnya penampilan Claudio Bravo, yang dibeli dari Barcelona musim lalu sangat mengecewakan. Alhasil, Bravo pun lebih banyak duduk di bangku cadangan. Sementara itu Willy Caballero tidak lagi diperpanjang kontraknya dan kini sudah dipinang Chelsea.

Pada pertandingan melawan Manchester United tadi pagi di Houston, Amerika Serikat, penampilan sang kiper termahal dunia secara keseluruhan sebenarnya tidak terlalu buruk. Akan tetapi ia sempat membuat kesalahan yang berbuntut pada gol pertama MU.

Keluar dari sarangnya untuk menghalau Romelu Lukaku, Ederson malah berhasil dilewati penyerang asal Belgia itu. Bola pun langsung dicocor Lukaku ke dalam gawang yang kosong. Hanya berselang dua menit, gawang Ederson kembali jebol. Kali ini lewat tembakan Marcus Rashford, setelah mendapat umpan dari Henrikh Mkhitaryan.

Di babak kedua, kiper asal Brasil itu masih seperti demam panggung. Ia nyaris kebobolan lagi untuk ketiga kalinya, andai tendangan spekulasi Rashford dari sisi sayap kanan gagal ditepis. Di sisa pertandingan, ia pun hanya membuat beberapa penyelamatan minor. Tercatat, Ederson Moares berhasil empat kali mengamankan gawangnya.

Di akhir pertandingan, City akhirnya harus menyerah 2-0 dari United di laga derby yang berlangsung di Amerika Serikat itu. Sang manajer, Pep Guardiola, berharap agar kesalahan-kesalahan Ederson Moares tidak terulang dan menjadi seperti ‘penyakit’ ketika kompetisi sebenarnya dimulai kelak. Guardiola tentunya tidak berharap apa yang terjadi pada Bravo terulang pada kiper anyarnya itu.

Sampai dengan musim 2017/18 dimulai, Manchester City masih akan melakoni beberapa laga uji coba. Sang kiper termahal dunia pun harus memberi bukti lagi untuk lebih meyakinkan Pep Guardiola bahwa ia layak menjadi kiper utama di bawah mistar gawang The Citizens.

loading...