PC Berprosesor Intel Atom Tidak Cocok untuk Windows 10 Creator Update

0
intel atom
Dok: Neowin.net

Supernews.id – Dalam beberapa tahun belakangan, Microsoft memang sedang gencar melakukan pembaruan terhadap sistem operasi Windows 10. Bukan hanya pada perangkat mobile, tapi juga pada Pesonal Computer (PC). Sayangnya, ada beberapa PC yang dipastikan tidak bisa melakuan update ke Windows 10 Creator Update.

Perangkat tersebut adalah PC yang berprosesor Intel Atom Clover Trail. Alasannya adalah karena driver yang sudah tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi Windows 10. Kalau pun dipaksakan, sudah pasti ada driver yang tidak optimal atau akan ada fitur lain yang tidak berfungsi.

Sebelumnya, Microsoft memang sempat memberikan pembaruan secara gratis bagi para pemilik PC berprosesor Intel Atom dari Windows 8 ke Windows 10 Creator Update saat awal-awal perilisannya. Akan tetapi, agar pembaruan tersebut berjalan lancar dibutuhkan tambahan dari segi hardware.

“Pembaruan Creator Update ini memang membutuhkan hardware tambahan untuk memberi pengalaman terbaik saat melakukan update ke Windows 10 Creator Update,” kata juru bicara Microsoft.

“Sistem operasi ini sudah tidak didukung lagi oleh Intel. Tanpa ada dukungan hardware yang memadai, maka Windows 10 Creator Update tidak akan bisa bekerja secara penuh,” tambahnya.

Walau demikian, Microsoft sendiri tentunya tidak akan menelantarkan PC berprosesor Intel Atom yang sudah terlanjur memasang Windows 10. Pasalnya mereka sudah berjanji untuk terus memberikan pembaruan pada sektor keamanan sistem sampai dengan Januari 2023 mendatang. Selain itu, pengguna PC dengan jenis ini juga masih bisa melakukan update dengan Windows 10 Anniversary Update.

Sebenarnya perangkat berprosesor Intel Atom ini sempat cukup banyak disukai saat pertama kali diperkenalkan. Selain karena baterainya yang bagus dan harganya terbilang murah, perangkat ini juga cocok dengan sistem operasi Windows 8.1. Namun, lama kelamaan perangkat tersebut mulai ditinggalkan karena performanya yang terbatas. Para konsumen pun lalu lebih memilih perangkat dengan prosesor Intel Core.

Alasan itulah yang membuat pengembangan Intel Atom dihentikan pada tahun 2016, yang mana artinya perangkat prosesor ini tidak mempunyai beberapa hal yang dibutuhkan untuk melakukan update ke Windows 10 Creator Update. Jadi, pengguna PC berprosesor Intel Atom lebih dianjurkan menggunakan Windows 7 atau Windows 8 demi merasakan performa yang lebih maksimal.

loading...