Google Play Segera Rilis Fitur Baru untuk Perangkat Android

0
google play
Dok: www.androidauthority.com

Supernews.id – Google Play Store selama ini dikenal sebagai toko aplikasi untuk perangkat Android yang paling aman. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya platform tersebut, ancaman berupa virus atau malware pada platform besutan Google itu pun makin besar. Oleh karena itu, Google, sebagai salah satu pemilik platform mobile terbesar pun membuat langkah antisipasi dengan meningkatkan keamanan pada toko aplikasi mereka.

Selama ini Google Play Store masih menjadi portal utama bagi para pengguna Android yang ingin memasang aplikasi, game atau mengakses konten digital lainnya. Tentu saja Google harus menjamin bahwa konten-konten yang ada di platform mereka itu benar-benar aman. Sadar dengan adanya celah keamanan yang bisa mengancam perangkat para pengguna, Google kini tengah mempersiapkan fitur bernama Play Protect.

Dilansir Engadget, fitur Play Protect ini nantinya akan tersemat di seluruh perangkat Android yang sudah menggunakan Google Service 11 atau versi di atasnya. Google sebelumnya juga sudah memperkenalkan sistem keamanan ini dalam ajang Google I/O 2017 di Amerika Serikat beberapa bulan lalu. Lantas, apa fungsinya?

Fungsi dasar Google Play Protect ini sebenarnya adalah untuk menyatukan layanan-layanan keamanan milik Google. Di antaranya adalah verify Apps, anti-theft, browser protection, dan beberapa fitur lainnya. Google menjanjikan keamanan data dan aplikasi di perangkat para penggunanya dengan Play Protect.

“Google Play Protect akan bekerja untuk melindungi data dan aplikasi Anda. Fitur ini akan memindai perangkat Anda secara aktif dan akan memastikan bahwa keamanan mobile Anda sudah mempunyai versi terbaru. Perangkat akan secara otomatis dipindai sekitar satu jam, sehingga Anda bisa merasa tenang,” tulis Google dalam pernyataan resmi mereka.

Layanan tambahan dari Google ini jelas sangat baik, mengingat akan menjadi fitur bawaan pada sistem operasi yang didukung. Dengan begitu, sistem akan berjalan dengan otomatis. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan oleh para pengguna Android adalah untuk mewaspadai aplikasi yang diunduh dan dipasang dari luar Google Play Store. Hal itu terkadang bisa menyebabkan keamanan Android jadi kurang bekerja optimal. Jadi, segera perbarui Google Service Anda untuk mendapatkan layanan keamanan dari Google ini.

loading...