Facebook Akan Produksi Ponsel Modular

0
ponsel modular
Dok: Facebook

Supernews.id – Baru-baru ini, Facebook dikabarkan akan memproduksi ponsel modular. Sebenarnya kabar ini sudah menjadi perbincangan sejak lama, namun kebenarannya tidak kunjung terbukti. Pasalnya pihak Facebook hanya sempat merilis aplikasi launcher untuk Android yang bernama Home.

Akan tetapi dugaan tentang Facebook yang sedang menjalankan proyek rahasia kembali muncul. Bahkan kabar kali ini dirilis sendiri oleh pihak Facebook pada pekan lalu. Facebook memunculkan sebuah paten yang mana menunjukkan sebuah perangkat elektromagnetikal modular. Pada gambar tersebut tampak ada beberapa komponen seperti speaker, mikrofon, GPS, layar sentuh, dan juga mempunyai fungsi sebagai telepon.

Mengacu pada rilis tersebut, Facebook diperkirakan sedang mengerjakan proyek ponsel modular atau ponsel yang bisa dibongkar pasang. Secara umum, perangkat modular memungkinkan pengguna bisa mengganti komponen pada perangkat tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Facebook bukanlah yang pertama soal pengembangan ponsel modular. Sebelumnya, Google juga pernah berencana merilis ponsel modular bernama Project Ara. Akan tetapi proyek tersebut dibatalkan. Selain ponsel, pada paten Facebook juga menunjukkan bahwa perangkat garapan mereka itu dapat difungsikan sebagai speaker musik, seperti Amazon Alexa.

Isu ini makin santer ketika diketahui Facebook menggunakan tim Building 8 untuk mengembangkan proyek masa depan itu, yang saat ini dipimpin oleh Regina Dugan. Sosok inilah yang sebelumnya berada di balik layar pengembangan ponsel modular di Project Ara. Dugan pernah menjabat sebagai pemimpin di grup Advanced Technology and Projects (ATAP) Google.

Bukan hanya itu saja, tapi beberapa orang yang dulu berada dalam Project Ara juga merapat ke Facebook untuk bergabung ke tim Building 8.

Walau demikian, sejauh ini masih belum diketahui secara pasti apakah Facebook benar-benar akan mewujudkan perangkat ponsel modular yang tengah mereka kembangkan itu. Pastinya para pengguna akan sangat menanti realisasi perangkat paten ini dan diharapkan tidak berhenti di tengah jalan seperti rumor-rumor yang beredar sebelumnya.

Lantas apakah ada ponsel modular yang sudah diproduksi dan dipasarkan secara luas? Ada, ponsel tersebut adalah LG G5, yang juga sudah dijual di Indonesia. Ponsel pintar besutan LG ini bukan lagi berbentuk prototipe eksperimental, melainkan sudah menjadi salah satu produk andalan.

loading...