PP IPMIL Luwu Harap Datu Luwu Berikan Klarifikasi Terkait Tudingan Keberpihakannya di Pilgub

0
PP IPMIL Luwu Harap Datu Luwu Berikan Klarifikasi Terkait Keberpihakannya di Pilgub

Supernews.id, Belopa – Baru-baru ini Datu Luwu Andi maradang Mackulau memberikan pin kedatuan kepada Punggawa, Akronim Ichsan Yasin Limpo sebagai apresiasinya ke kandidat yang dikenal peduli kemanusiaan dan pendidikan saat bersilaturahmi, Sabtu (22/7/2017).

Pin tersebut, didalamnya sarat makna tentang kepemimpinan, hanya disematkan kepada orang yang bisa menjaga amanah, dan punya ketulusan dalam mensejahterakan rakyatnya.

Hal ini pun menuai kritikan dan dukungan. Pro dan kontra terhadap sikap datu luwu dengan memberikan pin kedatuan kepada IYL.

Paisal, Ketua umum PP IPMIL LUWU saat dimintai tanggapannya via whatsApp menyampaikan bahwa seharusnya kita sebagai wija to luwu tidak perlu memojokkan Opu datu atau justru memperkeruh keadaan dengan berbagai tudingan bahwa datu luwu terlibat dalam pemenangan salah satu bakal calon gubernur.

Walaupun hanya sesekali bertemu Opu datu, Sangat nampak ketulusan beliau memgemban amanah sebagai datu luwu dan menjaga marwah kedatuan luwu. “Saat itu pula nampak harapannya agar tana luwu mampu memberikan kesejahteraan terhadap masyarakatnya,” Ucap Paisal.

Kita wija to luwu yang telah menganggap opu datu sebagai orang tua bagi segenap masyarakat tana luwu. Mestinya harus memotifasi, membantu bahkan bersama menjaga marwah kerajaan atau kedatuan luwu.

“Jika ada yang salah atau keluar dari koridor kedatuan, baiknya kita menegur secara santun agar kita secara bersama menjaga nama baik kedatuan luwu yang merupakan simbol kesakralan tana luwu,” Ujar Paisal

Arman Salata Selaku Ketua Bidang Sosial Politik PP IPMIL LUWU juga menyampaikan bahwa mestinya kita secara bersama menjaga nama baik kedatuan luwu.

Saya pikir tidak ada wija to luwu menginginkan Opu Datu terlibat dunia politik. Hal itu sebagai upaya untuk menjaga posisi kedatuan yang selama ini sebagai wadah pemersatu wija to luwu yang tersebar di empat kabupaten/kota seTana Luwu bahkan seluruh nusantara.

Terkait pemberian pin kedatuan kepada IYL yang menuai kritikan dan menimbulkan pro dan kontra terhadap sikap dan keputusan opu datu.

“Kami berharap kepada Yang Mulia Sri Paduka Datu Luwu agar kiranya memberikan klarifikasi atau penjelasan terkait pemberian pin tersebut, agar tidak menimbulkan pemaknaan yang salah dari masyarakat tana luwu dan sulawesi selatan pada umumny,” Harapnya.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya,  Datu luwu andi maradang mackulau masuk dalam salah satu calon wakil dari IYL. Namun beliau tidak menginginkan agar namanya masuk dalam daftar wakil IYL.

loading...