Microsoft Paint Akan Bertransformasi Jadi Lebih Canggih

0
microsoft paint
Dok: TechCrunch

Supernews.id – Microsoft Paint menjadi salah satu software pengolah gambar legendaris yang sudah lama ada di perangkat berbasis Windows. Biasanya Paint digunakan untuk melakukan editing gambar sederhana atau sekadar menempel screenshot. Namun, lama kelamaan software ini makin ditinggalkan oleh para pengguna karena fungsinya yang terbatas.

Oleh karena itu Microsoft berencana untuk segera menghentikan peredaran Microsoft Paint pada update terbaru Windows 10 nanti. Sebagai gantinya, Paint akan diperbarui menjadi sebuah software yang mempunyai fitur lebih canggih.

Ya, pada update terbarunya nanti, Microsoft Paint akan bertransformasi menjadi Paint 3D. Software ini memiliki fungsi dasar yang sama seperti Paint, yakni untuk melakukan pengolahan grafis sederhana. Akan tetapi, Paint 3D akan mempunyai fitur membuat gambar 3D secara instan.

Beberapa video preview di Youtube menunjukkan betapa menyenangkannya versi terbaru dari Microsoft Paint ini. Salah satunya adalah menu Support 3D Object. Berbeda dengan Paint versi lawas, dengan menu tersebut pengguna bisa dengan mudah membuat objek 3D lewat Paint.

Banyak pilihan spidol dan tool lainnya untuk membantu pengguna menggambar atau membuat sebuah objek. Proses perwarnaan pada objek 3D itu pun sangat sederhana, karena bisa dilakukan secara langsung.

Selain itu Microsoft juga memperbarui tampilan antarmuka pada Microsoft Paint terbaru ini. Tampilannya lebih kekinian dan tidak membosankan. Pasalnya, selama ini Paint memang dikenal tidak pernah mendapatkan perubahan yang signifikan pada setiap pembaruan Windows. Bahkan software Paint juga menjadi salah satu fitur yang tidak berlaku lagi di Windows 10 Creators Update.

Sebenarnya Paint versi terbaru ini memang sudah diperkenalkan pada akhir tahun 2016 lalu. Walau tidak secanggih software Adobe Photoshop, Corel Draw dan sejenisnya, Paint 3D ini cocok untuk pengolahan grafis secara mudah dan cepat bagi pemula.

Dengan demikian, berakhir sudah perjalanan panjang Microsoft Paint selama 32 tahun, yang pertama kali diperkenalkan di sistem operasi Windows 1.0 pada bulan November 1985 silam. Saat itu software pengolah grafis ini dibuat di bawah lisensi PC Paintbrush dan Zsoft Corporation.