Belanja Rp 3,8 T, Manchester City Pecahkan Rekor Madrid

0
manchester city
Dok: The Sun

Supernews.id – Satu windu yang lalu, Real Madrid membuat rekor baru di dunia sepakbola dengan melakukan belanja mewah di bursa trasnfer pemain. Akan tetapi jumlah pengeluaran Madrid pada musim panas 2009 itu kini telah dikalahkan oleh Manchester City.

Real Madrid sebenarnya telah membangun sebuah tim bertabur bintang, yang lalu dilabeli dengan Los Galacticos. Proyek ambisius tersebut sudah mereka mulai sejak awal tahun 2000-an. Akan tetapi pembelanjaan pemain mereka di tahun 2009 menjadi yang paling royal sepanjang sejarah sepakbola.

Bagaimana tidak, saat itu El Real berhasil menggaet dua pemain terbaik dunia sekaligus, yaitu Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka. Saat itu CR7 diboyong dari Manchester United dengan mahar 80 juta poundsterling, yang sekaligus memecahkan rekor transfer dunia. Sementara itu Kaka dibajak dari AC Milan dengan biaya 56 juta poundsterling.

Sisanya, Madrid membelanjakan lima pemain lain, yaitu Xabi Alonso, Karim Benzema, Raul Albiol, Esteban Granero, dan Alvaro Arbeloa. Di antara kelimanya, Alonso (35 juta poundsterling) dan Benzema (30 juta poundsterling) menjadi yang termahal.

Secara keseluruhan, Real Madrid menghabiskan dana 221,5 juta poundsterling sepanjang musim panas. Dalam sejarah sepakbola, sebelumnya belum ada klub yang menghabiskan dana sebesar itu dalam satu periode transfer.

Menariknya, saat itu El Real melakukan belanja jor-joran untuk memperkuat lini depan mereka. Berbeda halnya dengan Manchester City, yang justru melakukan pembelanjaan besar untuk memperkuat lini belakang. Beberapa pemain anyar City kebanyakan adalah pemain bertahan, ditambah satu orang penjaga gawang.

Bahkan Ederson Moares, kiper muda yang digaet Manchester City dari Benfica, berhasil memecahkan rekor sebagai kiper termahal dunia. Kyle Walker pun demikian. Direkrut dari Tottenham Hotspur dengan biaya 45 juta poundsterling, Walker sempat jadi bek termahal dunia. Sebelum akhirnya dipecahkan lagi oleh pembelian City lainnya saat mendatangkan Benjamin Mendy dari AS Monaco (49,3 juta poundsterling).

Jika dihitung, total belanja Manchester City pada jendela transfer musim panas ini menyentuh angka 221,7 juta poundsterling. Bahkan angka itu bisa semakin membengkak menjadi nyaris 300 juta poundsterling, andai City berhasil mendatangkan target transfer mereka berikutnya, Alexis Sanchez dari Arsenal.

loading...