Gianluigi Buffon Tidak Terobsesi Juara Liga Champions

0
gianluigi buffon
Dok: Shaun Botterill/Getty Images

Supernews.id – Penjaga gawang kawakan Juventus, Gianluigi Buffon, telah memasuki tahun terakhir dalam kariernya. Jelang masa pensiunnya, ada satu pencapaian yang belum berhasil ia raih, yaitu trofi Liga Champions. Akan tetapi, Buffon mengaku santai saja dan tidak mau terlalu terobsesi untuk meraih gelar tersebut.

Buffon sendiri telah berkarier selama lebih dari 20 tahun di level tertinggi. Namanya mencuat setelah tampil menawan bersama Parma saat usianya masih muda. Ia lalu diboyong Juventus pada tahun 2001 dengan memecahkan rekor sebagai kiper termahal dunia ketika itu. Buffon lalu sukses meraih delapan gelar Serie A bersama Juve dan empat Coppa Italia bersama Juve dan Parma.

Penjaga gawang internasional Italia itu juga pernah membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2006 di Jerman. Namun, ia selalu gagal saat timnya mencapai final Liga Champions. Prestasi terbaiknya hanya membawa Si Nyonya Tua menjadi runner-up di tiga edisi final Liga Champions pada musim 2002/03, 2014/15 dan 2016/17.

Masih ada waktu bagi Gianluigi Buffon untuk memperjuangkan trofi Liga Champions di musim depan. Namun dengan usianya yang sudah menginjak 39 tahun, tentu ini akan menjadi sangat sulit baginya. Apalagi ia juga sudah mengumumkan bahwa 2018 akan menjadi penghujung kariernya sebagai pemain. Ia pun mengakui bahwa musim 2017/18 yang akan datang akan terasa sangat spesial dan dia ingin memberikan yang terbaik untuk I Bianconeri.

“Musim depan akan terasa sangat spesial bagi saya, tapi saya ingin menjadikannya lebih luar biasa dengan tampil sebaik mungkin untuk membantu Juventus kembali melewati tahun yang indah,” ujar Gianluigi Buffon.

“Tentang juara Liga Champions, saya tidak terlalu memikirkannya. Liga Champions memang selalu memberikan motivasi untuk menjadi lebih baik dan saya sangat menikmati emosi saat menghadapi beberapa pemain di stadion tertentu.”

“Bagi saya, hal itulah yang sekarang membuat saya cemas, bukan karena sebuah obsesi. Pensiun tanpa mengantongi gelar Liga Champions tidak akan menjadi catatan negatif bagi saya kelak, juga untuk saat ini,” tandasnya.

Gianluigi Buffon berharap dirinya bisa tampil konsisten sepanjang musim kompetisi 2017/18 mendatang agar dipanggil timnas Italia untuk bermain di Piala Dunia 2018 mendatang.

loading...