Ini Dia Fitur Terbaru pada MIUI 9

0
miui 9
Dok: Xiaomi

Supernews.id – Xiaomi akhirnya meluncurkan kustom ROM terbaru mereka, MIUI 9, bersamaan dengan peluncuran smartphone terbaru mereka juga. Sebelum tanggal perilisannya, Xiaomi sebenarnya sudah sempat membocorkan fitur apa saja yang akan diusung pada MIUI terbaru ini. Kini, fitur-fitur tersebut pun diungkap secara resmi oleh vendor asal Tiongkok.

Tidak jauh berbeda dengan yang ada pada bocoran sebelumnya, MIUI 9 memberi pengalaman antarmuka yang lebih lancar pada penggunanya. Pembaruan juga terdapat dari segi visual, walau perubahannya tidak terlalu signifikan.

CEO Xiaomi memang pernah menjanjikan adanya peningkatan performa pada MIUI versi terbaru. Alhasil, para pengembang MIUI pun bekerja keras untuk menjadikan kinerja MIUI 9 semakin mulus dari yang sudah-sudah. Walau memang tidak akan seringan ROM Android, tapi setidaknya ada peningkatan performa yang cukup terasa setelah perangkat diperbarui, terutama dengan keberadaan beberapa fitur baru.

Di antara beberapa pembaruan yang diusung pada kustom ROM ini, salah satu yang paling penting adalah adanya penambahan Dynamic Resource Allocation. Dengan pembaruan ini, maka CPU akan secara otomatis mengalokasikan aplikasi yang paling sering digunakan, sehingga perangkat bisa berjalan lebih cepat.

MIUI 9 juga menghadirkan smart assistant untuk memudahkan pengguna untuk mencari segala sesuatu yang ada perangkat tersebut. Misalnya seperti mencari saat SMS, foto, atau file lama lainnya. Bantuan smart assistant ini jelas sangat membantu pengguna ketimbang harus mencari secara manual. Akan tetapi, pengguna perlu memasukkan data seperti tanggal, lokasi dan ekspresi untuk menemukan sebuah file atau foto.

Pembaruan ini juga mengusung fitur smart app launcher dengan algoritma baru untuk menyarankan suatu aplikasi berdasar pada apa yang ada pada layar. Sedangkan fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh para Mi Fans, sebutan para penggemar Xiaomi, adalah split-screen multitasking. Apa fungsinya? Dengan fitur ini, pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dengan membagi layar menjadi dua. Secara umum, fitur seperti ini memang sudah banyak terdapat pada pernagkat lain, tapi pastinya akan tetap sangat membantu untuk aktivitas multi-tasking.

Untuk beberapa perangkat, MIUI 9 hanya akan tersedia versi beta tertutupnya saja, yakni pada perangkat Xiaomi MI 6 dan Redmi Note. Sedangkan untuk perangkat lainnya akan segera menyusul dalam waktu dekat.

loading...