Meizu Pro 7 Dibekali Chipset Helio X30

0
meizu pro 7
Dok: theverge.com

Supernews.id – Produsen asal Tiongkok, Meizu, memang telah mengumumkan ada dua smartphone terbaru mereka yang akan segera meluncur ke pasaran, yaitu Meizu Pro 7 dan Pro 7 Plus. Meizu kabarnya menyematkan chipset Helio X30 dari MediaTek, yang memiliki sepuluh inti (deca-core) pada dua perangkat anyar garapan mereka itu. Lantas, apakah itu menyuguhkan performa yang gahar?

Hasil benchmark AnTuTu untuk perangkat Meizu Pro 7 belum lama ini diunggah oleh seorang pengguna Weibo. Selain diusung oleh prosesor dengan sepuluh inti, ternyata smartphone ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 4GB.

Seperti yang disebutkan tadi, chipset Helio X30 ini memang mempunyai banyak inti. Namun ternyata, hal itu tidak sepenuhnya menjanjikan performa yang sangat gahar dari perangkat ini. Itu dibuktikan dengan skor benchmark yang hanya 141982 dari chipset Helio X30.

Skor tersbeut nyatanya masih berada di bawah hasil benchmark dari chipset Snapdragon 821 yang disematkan pada perangkat Xiaomi Mi Note 2 dan Mi Mix. Padahal perbandingannya cukup jauh, karena Snapdragon hanya menggunakan prosesor quad-core atau empat inti pada chip mereka.

Chipset garapan MediaTek selama ini memang sulit untuk menyaingi chipset keluaran Qualcomm, apalagi dengan jika dibandingkan dengan Exynos milik Samsung. Oleh karena itu, smartphone Meizu Pro 7 series ini dinilai tidak cocok bagi pengguna yang mengincar perangkat dengan performa gahar. Walau di sisi lain, ponsel pintar ini juga hadir dengan beberapa fitur yang tidak dibawa oleh ponsel flagship lainnya.

Misalnya saja dengan adanya layar sekunder yang terletak di bagian belakang. Fungsi layar ini adalah untuk menampilkan notifikasi pesan masuk, memainkan musik atau mempermudah foto selfie dengan menggunakan kamera belakang.

Tapi yang perlu dipertimbangkan lagi dari Meizu Pro 7 dan Pro 7 Plus ini adalah chipset Helio X30 yang sudah menggunakan proses manufaktur 10 nm. Dengan memiliki sepuluh inti, maka performa perangkatnya bisa meningkat hingga 240 persen dan konsumsi dayanya lebih hemat 60 persen. Chipset ini lebih baik jika dibandingkan dengan chipset MediaTek generasi sebelumnya.

Selain itu Helio X30 juga membantu meningkatkan performa grafis dengan GPU PowerVR-nya. Namun yang perlu diwaspadai oleh MediaTek sendiri adalah pesatnya perkembangan yang dilakukan oleh rival-rival mereka. Apabila tahun depan proses 10nm ini masih mereka gunakan untuk produksi ponsel flagship terbaru mereka, bisa jadi Qualcomm dan Samsung Exynos sudah mencapai level yang lebih tinggi lagi.

loading...