Gelar Aksi Demo, KIBAR: Kawal Dana Desa di Kabupaten Barru

0
Gelar Aksi Demo, KIBAR Kawal Dana Desa di Kabupaten Barru

Supernews.id, Barru – Kesatuan aktivis barru (KIBAR) menggelar aksi protes menyikapi mekanisme dan dugaan penyalagunaan anggaran dana desa (ADD) yang menjadi sorotan 54 Desa di Kabupaten Barru, di depan kejaksaan tinggi Sulselbar, Makassar, Senin (31/07/2017).

ADD bertujuan peningkatan aspek pembangunan baik prasarana fisik maupun non fisik dalam rangka mendorong tingkat partisipasi masyarakat untuk pemberdayaan dan perbaikan taraf hidupnya.

Azas dan prinsip pengelolaan ADD yaitu transparan, akuntabel, dan partisipatif. Namun ADD Menuai protes di kabupaten barru.

Andi Ismaila selaku jendral lapangan mengatakan keresahan yang terjadi di masyarakat terhadap penyalagunaan ADD desa. Banyak yang tidak sesuai mekanisme pelaksanaan.

“Banyak laporan masyarakat bahwa penyalagunaan ADD tidak sesuai dengan mekanisme yang ada. Selain itu, Dananya yang begitu besar sehingga dapat memudahkan para pejabat desa melakukan indikasi penyelewengan anggaran. Olehnya itu kami meminta pihak Kejati untuk mengawal ketat ADD tersebut,” tegasnya.

Dalam aksinya, KIBAR menuntut kepada kejaksaan tinggi Sulselbar untuk tegas mengawal dan mengusut tuntas secara bersama sama penyalagunaan dana desa di Kabupaten Barru.

Hal ini berarti ADD harus dikelolah dengan mengedepankan keterbukaan. Dilaksanakan secara bertanggungjawab dan juga harus melibatkan peran serta aktif segenap masyarakat setempat.

Sementara itu pihak kejati merespon baik dan berjanji akan melakukan pengawalan terhadap ADD tersebut.

loading...