Apple Mulai Jajal Teknologi Jaringan 5G

0
teknologi jaringan 5g
Dok: Patently Apple

Supernews.id – Isu mengenai perkembangan teknologi jaringan 5G sebenarnya sudah santer dibahas sejak lama, bahkan saat jaringan 4G masih baru dirasakan di Indonesia. Sampai dengan saat ini pun, sebenarnya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum merasakan jaringan 4G karena cakupannya belum mencapai seluruh lokasi di Tanah Air.

Teknologi jaringan 5G sendiri sudah mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan teknologi ternama dunia. Salah satunya adalah raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple. Belakangan ini Apple juga disebut-sebut tengah melakukan uji coba terhadap teknologi jaringan generasi terbaru itu, sebelum digunakan secara global pada beberapa tahun yang akan datang.

Apple sudah mendapatkan lisensi untuk dari Komisi Komunikasi Federal (FFC) Amerika Serikat yang memungkinkan mereka melakukan uji coba bersifat eksperimental terhadap teknologi terbaru ini. Lisensi tersebut kabarnya mencakup beberapa hal, yang di antaranya adalah spektrum gelombang milimeter jarak pendek (28GHz dan 39GHz).

Tujuan dari uji coba ini sebenarnya hanya sekadar untuk mengetahui seberapa relevankah jika Apple mengeluarkan perangkat yang sudah menggunakan teknologi jaringan 5G. Hal tersebut pun lantas mengundang banyak pertanyaan, terutama mengenai perangkat terbaru yang akan diluncurkan oleh Apple. Apakah iPhone seri selanjutnya akan dibekali teknologi 5G? Itu masih perlu melewati kajian lebih lanjut, karena sejauh ini juga belum ada operator seluler yang menyediakan jaringan 5G.

Namun terlepas dari berbagai spekulasi tersebut, uji coba Apple terhadap teknologi jaringan 5G ini semakin membuktikan bahwa Apple selalu menjadi yang terdepan dalam berinovasi. Seperti diketahui, dalam waktu dekat ini Apple juga tengah mempersiapkan peluncuran varian iPhone terbaru, yakni iPhone 8.

Tentu diharapkan perangkat terbaru Apple ini akan mengusung teknologi yang lebih canggih ketimbang seri-seri terdahulunya. Pasalnya, Apple memang dikenal sebagai produsen yang selalu memberikan kejutan pada setiap peluncuran produk terbaru mereka. Seperti halnya pada saat iPhone 7 diluncurkan tahun lalu, yang mana Apple ternyata menghilangkan port audio 3,5 mm.

Bahkan tidak jarang apa yang dilakukan Apple lalu diikuti oleh produsen gadget lainnya pada perangkat mereka. Jadi, patut dinantikan apakah kapan teknologi jaringan 5G yang diuji coba Apple ini akan benar-benar diperkenalkan dan digunakan.