Begini Bantahan Label Ayu Ting Ting Ketika Single Terbaru Dibilang Plagiat

0

Supernews.Id – Karir Ayu Ting Ting sebagai penyanyi dangdut kini memang semakin melambung. Terlepas dari gosip yang menimpa dirinya, nyatanya Ayu Ting Ting tetap konsisten untuk terus berkasrya. Hal ini terbukti dengan peluncuran single terbarunya yang berjudul Kamu Kamu Kamu.

Namun baru saja diluncurkan single tersebut telah dituding mirip dengan lagi incia yang dipopulerkan oleh Alisha Chinai. Tak pelak banyak orang yang menyebutkan bahwa Ayu Ting Ting telah plagiat. Namun pihak label yang menaungi AYu Ting Ting pun langsung membantah hal tersebut dan memberikan klarifikasinya.

“Yang jelas dari materi lagunya dan sudut pandang kreatif, lagu dibuat pasti dari pencipta. Secara hukum, untuk lagu yang sifatnya melanggar hak cipta, perlu di telaah ulang. Lagu dangdut terpapar pengaruh India dan tradisional akan berputar tiap dekade dan bisa saja melodinya akan begitu juga,” jelas Andre ketika berbincang dengan Bintang.com, Rabu (2/8/2017).

Andre melanjutkan bahwa kemiripan mungkin saja terjadi jika dilihat dari segi kreasi. Akan tetapu terkait kemiripan tersebut memang masih harus dibuktikan oleh ahli yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Dari segi kreasi, kemiripan sangat mungkin terjadi. Tapi saya tidak berbicara ini menjadi mirip atau tidak karena pembuktian itu harus dilakukan oleh ahli yang bisa bertanggung jawab apakah lagu itu jiplak atau tidak,” tambahnya.

Disisi lain pada segi hak cipta, Andre mengatakan bahwwa dirinya menganut dari substantial part. Dimana substantial part sendiri digunakan saat bagian substansi tersebut memiliki kemiripan yang sama dengan karya yang lain.

“Secara hak cipta, kita menganut itu dari substantial part. Substantial part dipakai saat bagian substansi tersebut mempunyai kemiripan yang sama. Lagu Kamu Kamu Kamu yang baru dirilis substantial part itu berdiri sendiri perlu ahli yang melihat. Substantial part harus dibuktikan oleh orang yang kompeten,” kata Andre.

loading...