Akan Ada Fitur Eye-Tracking di Windows 10

0
windows 10
Dok: www.brecorder.com

Supernews.id – Microsoft, melalui Windows 10 turut mengembangkan teknologi yang nantinya bisa digunakan untuk penyandang difabel. Terutama bagi mereka yang memang terlahir dengan kekurangan atau pernah mengalami kecelakaan, Microsoft akan segera memberi kemudahan untuk melakukan pengoperasian komputer. Nantinya, fitur aksesbilitas ini akan tersemat secara bawaan pada pembaruan sistem operasi Windows.

Sebelumnya, Microsoft memang sudah memiliki beberapa fitur aksesbilitas, yang juga sangat membantu penggunanya. Akan tetapi di sistem operasi Windows 10 terbaru kali ini, mereka tengah fokus membangun fitur eye-tracking. Fitur yang akan dinamai ‘Eye Control’ ini akan membuat para pengguna komputer berbasis Windows bisa mengoperasikan perangkat di depan mereka hanya dengan pandangan mata. Mereka bisa membuka aplikasi, mengetik dan melakukan berbagai aktivitas lainnya dengan cara memfokuskan pandangan mata pada layar.

Namun, fitur tersebut kini masih dalam pengembangan. Microsoft pun telah menggandeng perusahaan produsen hardware eye-tracking, yaitu Tobii. Perusahaan ini sendiri sudah cukup lama berkecimpung dalam mengembangkan fitur eye-tracking untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk bermain game.

“Saat saya mengetahui tentang apa yang diciptakan oleh tim Ability Eye Gaze, saya merasa sangat tertarik dan memikirkan hal apa yang bisa dilakukan dengan hal tersebut. Itu benar-benar bisa membuat sebuah perbedaan ketika kita bertemu dengan orang-orang yang mengalami ALS (amyotrophic lateral scloresis),” ujar Jake Cohen, Manajer Program di Windows Interaction Platform.

ALS sendiri merupakan jenis penyakit yang menyerang syaraf motor atau Motor Neuron Disease. Hal itu membuat penderitanya sulit atau bahkan tidak bisa menggerakkan beberapa anggota tubuhnya secara normal.

Cohen sendiri sangat memahami betapa sulitnya orang-orang penderita ALS dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Cohen berkeinginan untuk mengubah hidup mereka. Oleh karena itu, Microsoft akan melakukan sebuah pekerjaan besar dengan membangun fitur bernama Eye Control pada sistem operasi Windows 10 ini.

Sementara itu di perangkat mobile sendiri, sebenarnya telah ada beberapa perangkat lunak atau software yang juga bisa berfungsi seperti eye-tracking dengan memanfaatkan kamera depan. Dengan software jenis ini, maka pengguna bisa mengoperasikan berbagai fungsi smartphone mereka dengan tatapan mata dan gerakan kepala.

loading...