Carlton Cole Resmi Pisah dengan Persib

0
carlton cole
Dok: Baban Ganda Purnama/detikSport

Supernews.id – Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, belum lama ini sempat mengisyaratkan pencoretan penyerang asing Persib, Carlton Cole. Kini wacana itu pun menjadi kenyataan. Mantan penyerang Chelsea dan West Ham United itu resmi berpisah dengan kubu Maung Bandung.

Hal itu terjadi setelah Cole menandatangani surat berakhirnya kerjasama dengan Persib pada Jumat (4/8/2017). Cole pun hanya menghabiskan setengah musim bersama klub asal Kota Kembang itu, walau jumlah penampilannya masih bisa dihitung dengan jari.

“Cole resmi diputus kontraknya per hari ini,” ujar salah satu perwakilan Persib kepada wartawan di Bandung.

Sebelumnya kehadiran Carlton Cole memang diharapkan bisa menjadi pembeda di kubu Persib, yang saat itu memang kehilangan sosok penyerang tengah. Kondisi cederanya Sergio van Dijk setelah ajang Piala Presiden 2017 memaksa manajemen Persib harus mencari sosok pengganti yang sepadan.

Cole sebenarnya punya rekam jejak yang terbilang mewah untuk ukuran Liga Indonesia. Ia pernah bermain di Premier League dan timnas Inggris. Tapi pengalamannya itu ternyata tidak terlalu terpakai sepanjang kariernya di Persib. Carlton Cole hanya lima kali tampil dengan dua di antaranya sebagai starter. Tidak ada sumbangan gol ataupun assist yang dibuat pemain asal Inggris itu.

Pelatih sementara Persib, Herrie “Jose” Setyawan menyampaikan bahwa dirinya sudah berusaha berbicara dengan Cole. Dia mendoakan agar Cole bisa segera mendapatkan klub baru dan tidak merasa dendam kepada Persib.

“Saya sudah bicara dengannya. Saya harap dia bisa segera mendapatkan klub baru dan memaklumi situasi saat ini. Saya juga berharap dia tidak menyimpan dendam pada tim ini. Sebab di dalam sepakbola kita memang harus bisa profesional. Alhamdulillah, dia juga bisa mengerti hal itu,” papar Herrie.

Herrie sendiri sangat mengagumi sikap Cole yang begitu profesional sebagai pemain Persib, meski pada kenyataannya ia sangat jarang diturunkan. Jangankan bermain, Cole bahkan pernah tidak masuk dalam skuat Persib pada beberapa pertandingan. Tapi dalam sesi latihan, mantan penyerang West Ham selalu menunjukkan semangat yang patut dicontoh.

“Carlton Cole merupakan contoh pemain yang profesional. Dia bisa menunjukkan sikapnya itu meski tidak dimainkan, dia tetap berlatih dan profesional,” katanya.