Cara Memainkan Game PS2 di Android

0
Cara Memainkan Game PS2 di Android
Dok: androidcure.com

Supernews.id – Cara memainkan game PS2 di Android bisa dilakukan dengan praktis dan mudah menggunakan aplikasi emulator. Apakah membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi? Ya, setidaknya smartphone yang digunakan harus mempunyai RAM minimal 2GB dan prosesor yang mumpuni. Hal ini bertujuan untuk menghindari lag saat bermain game atau gagal memuat game melalui aplikasi emulator.

Sebagai salah satu konsol game paling populer sepanjang masa, memang tak heran jika banyak game PS2 yang masih sering dimainkan. Tapi yang jadi masalah, PS2 bukanlah perangkat game portable seperti PSP atau sejenisnya. Untuk hal itulah beberapa pengembang membuat aplikasi emulator PS2 agar bisa dimainkan di smartphone. Dengan demikian, Anda bisa memainkan game favorit di PS2 di mana saja hanya dengan bermodalkan smartphone.

Lalu bagaimana cara menginstal emulator yang dimaksud? Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  1. Download Emulator

Cara memainkan game PS2 di Android adalah Anda perlu mengunduh dan menginstal emulator PS2 di smarpthone Android Anda. Adapun nama aplikasinya adalah emulator PPSSPP. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis langsung dari website resminya di www.ppsspp.org/download.html. Di sana ada beberapa pilihan emulator, pilihlah yang kompatibel perangkat Android. Ada pula versi PPSSPP versi gold, yang sayangnya berbayar.

  1. Download Game

Jika sudah punya emulatornya, sekarang Anda bisa memilih berbagai jenis game PS2 yang sudah diubah dalam format ISO. Berbagai game PS2 bisa Anda cari di Google dan bisa diunduh secara gratis. Kemudian letakkan file game yang Anda unduh ke penyimpanan internal atau eksternal Anda.

  1. Load Game

Untuk bisa memainkannya menggunakan emulator PPSSPP, Anda perlu memuat game yang sudah Anda unduh tadi. Masuk ke emulator, lalu cari game di folder tempat Anda menyimpan game tadi. Setelah itu, game PS2 sudah siap Anda mainkan.

Itu tadi adalah tiga langkah mudah cara memainkan game PS2 di Android. Namun, untuk ukuran game PS2 yang ingin mainkan memang cukup besar. Jadi pastikan juga ruang penyimpanan di smartphone Anda cukup untuk menampung game yang Anda unduh. Selamat mencoba!