Philippe Couitnho Bertahan atau Tidak, Liverpool Tetap Tak Dijagokan Juara

0
philippe coutinho
Dok: Victor Fraile/Getty Images

Supernews.id – Philippe Coutinho disebut-sebut sebagai sosok yang sangat penting di kubu Liverpool untuk mencoba merengkuh gelar juara Premier League musim 2017/18. Akan tetapi, karier pemain asal Brasil itu di Anfield kini malah sedang berada di ujung tanduk.

Ya, Barcelona sedang mati-matian memburu tandatangan Philippe Coutinho, yang diproyeksikan sebagai suksesor Neymar. Jika The Reds sampai kehilangan Coutinho di musim panas ini, itu dinilai bisa berdampak pada semakin minimnya kans juara mereka di Premier League. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp pun sudah menegaskan bahwa Coutinho masih sangat dibutuhkan di tim.

Namun demikian, Graeme Souness punya pendapat berbeda soal Philippe Coutinho dan Liverpool. Eks gelandang The Reds itu memandang peran Coutinho tidak akan sepenting itu bagi timnya musim ini. Bahkan Souness memperkirakan Liverpool belum akan meraih trofi mayor dalam waktu dekat ini. Jangankan Liga Champions, gelar Premier League pun akan sulit diraih sekalipun Coutinho bertahan, kata Souness.

“Saya kira Jurgen Klopp harus memastikan timnya bisa menjadi penantang gelar Premier League musim depan,” buka Sounes di Sky Sports.

“Akan tetapi saya tidak melihat peluang itu dalam waktu dekat ini, baik di Liga Champions maupun Premier League, sekalipun itu masih ada Philippe Coutinho,” tambahnya.

Salah satu alasan Souness berpandangan demikian adalah aktivitas Liverpool di bursa transfer yang tidak begitu mencolok. Pasalnya, tuntutan mental dan kebugaran fisik untuk bermain di Premier League dan Liga Champions sangatlah tinggi.

Bahkan kalaupun The Reds mendapat banyak uang dari hasil penjualan Coutinho ke Barcelona, mereka diprekirakan bakal sulit untuk mencari penggantinya yang tepat di waktu yang minim. Belum lagi, masih ada beberapa sektor lain yang perlu diperkuat.

“Dia (Klopp) belum melakukan pembelian yang cukup untuk menghadapi kompetisi di dua ajang besar sekaligus musim depan. Jika Philippe Coutinho pergi, maka tambahan uang memang akan besar. Tapi pada titik ini di bursa transfer, kemungkinan mereka juga membutuhkan dana yang besar untuk mendapatkan seorang pemain yang mereka sendiri tidak yakin bisa menggantikan Coutinho.”