Layanan Facebook Terbaru Ini Bisa Saingi Youtube

0
layanan facebook
Dok: thenextweb.com

Supernews.id – Layanan Facebook baru bernama ‘Watch’ resmi dirilis ke publik. Layanan ini adalah sebuah platform penyedia berbagai video yang bisa bisa digunakan di berbagai perangkat, mulai dari mobile, desktop, hingga televisi. Jika dilihat dari fungsinya, layanan ini diperkirakan dapat membuat Facebook bisa menyaingi Youtube, yang sejauh ini masih menjadi platform penyedia video nomor satu di dunia.

Menurut informasi yang dirilis di blog resmi Facebook, latar belakang diciptakannya layanan Facebook Watch ini adalah karena seringnya pengguna melihat dan menyukai konten berupa video di News Feed mereka. “Pengguna Facebook menyukai video yang muncul di News Feed mereka. Jadi, mereka menginginkan ada fitur khusus untuk menonton video,” tulis Facebook.

Sebenarnya layanan Facebook ini sudah cukup lama dikembangkan. Beberapa eksperimen sebelum perilisan layanan ini pun sempat dilakukan. Di Amerika Serikat, Facebook bahkan sempat menguji coba fitur tab video untuk penggunanya. Sampai akhirnya, saat ini layanan tersebut dirilis secara resmi untuk memudahkan pengguna dalam memilih video yang mereka sukai.

Layanan Facebook Watch ini jelas akan menjadi pesaing Youtube. Terlebih, layanan ini memang ditujukan bagi para pembuat konten yang membutuhkan platform lain untuk mempublikasikan karya mereka. Tidak hanya di sini saja, tapi adanya Facebook Watch juga semakin memudahkan perusahaan atau publisher untuk menarget audiens mereka lewat komunitas aktif.

Bukan hanya Youtube yang akan tersaingi dengan layanan Facebook terbaru ini, namun juga Netflix. Rupanya, Facebook Watch ini nantinya juga akan membuat berbagai jenis tayangan seperti program reality show hingga siaran langsung pertandingan sepakbola. Menariknya, Facebook sendirilah yang akan mendanai berbagai program acara yang tayang di layanan video mereka itu.

Walau demikian, layanan Facebook Watch ini nantinya hanya akan fokus pada empat hal saja, yaitu video yang mempunyai tema tertentu secara konsisten, video yang bisa mengumpulkan komunitas, menarik fans, atau menghubungkan sebuah brand dengan fans.

Sayangnya, Facebook Watch baru bisa dinikmati para pengguna Facebook di Amerika Serikat Saja. Patut ditunggu kapan layanan ini akan resmi dirilis secara global, termasuk di Indonesia.

loading...