Ini 5 Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Sudah Diet Ketat

0
Ini 5 Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Sudah Diet Ketat
Ilustrasi

Supernews.id, Bandung – Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Meski telah mengatur pola makan, rutin berolahraga dan mengonsumsi serat, pelaku diet bisa saja gagal.

Jika hal ini juga terjadi pada anda, bisa jadi ada sejumlah faktor yang terlupakan sehingga bobot tak berkurang. Berikut ini ada 5 penyebab berat badan tak kunjung turun meski sudah melakukan diet seperti dikutip dari Fox News, Selasa (29/8/2017).

1. Anda Tidak Minum Cukup Air

Seperti yang telah diketahui, H2O sangat penting dalam upaya menurunkan berat badan. Air dapat membantu menekan nafsu makan. Selain itu, cairan juga dapat memecah lemak dalam tubuh. Bila pasokan cairan saja kurang, maka sudah dipastikan, tubuh akan sulit melakukan proses biologis tersebut. Oleh sebab itu, guna mendorong pemecahan lemak dalam tubuh, pastikan agar tubuh anda selalu terhidrasi.

2. Asupan lemak kurang

Melakukan program diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti tidak perlu mengonsumsi lemak sehat sama sekali. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang telah mengonsumsi lemak sehat secukupnya terbukti lebih mudah mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan yang diet rendah lemak. Kehadiran lemak ini sangat membantu menjalankan fungsi tubuh sehari-hari.

3. Tak perlu turunkan berat badan

Bisa jadi berat badan anda tidak berkurang karena memang tubuh anda sudah ideal, jadi tubuh tidak perlu untuk lebih kurus lagi.

Keinginan untuk menurunkan berat badan biasa dipicu oleh tekanan sosial. Banyak yang beranggapan bahwa indeks massa tubuh yang ideal adalah 16. Padahal, menurut WHO angka ini termasuk dalam katergori sangat kurus.

4. Lupa menjalani konsep mindfulness

Mindfulness merupakan tindakan yang memusatkan perhatian sedemikan rupa, menghayati apa yang sedang Anda lakukan, tanpa melakukan penilaian. Banyak orang yang menjalankan program diet, tapi lupa menjalani kosep mindfulness. Padahal aktivitas ini mampu mengurangi stres dan memperbaiki kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Orang yang menjalani mindfulness, salah satunya dengan meditasi, terbukti bisa membuat hormon dalam tubuh seimbang dan jumlah kortisol dalam darah menurun. Kondisi sehat yang semacam ini bisa membuat tubuh lebih mudah mengalami penurunan berat badan.

5. Mengonsumsi protein secara berlebihan

Jika asupan protein berlebih, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Jadi jangan heran jika berat badan anda tak kunjung turun kalau masih sering mengonsumsi protein secara berlebihan dalam sehari.

loading...