Italia 1-0 Swedia: Gol Telat Eder Loloskan Gli Azzurri

0
Foto: Getty Images

Italia pastikan satu tempat di babak 16 besar Euro 2016 usai meraih kemenangan tipis atas Swedia di matchday kedua babak penyisihan grup E. Gol telat Eder Citadin menjadi penentu kemenangan Gli Azzurri, Jumat (17/6).

Kedua tim datang ke pertandingan ini dengan kewajiban untuk meraih kemenangan. Tim Nasional Italia butuh tiga poin untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar, sementara Swedia ingin menjaga peluang mereka untuk mencapai tujuan yang sama dengan lawan mereka.

Pertandingan babak pertama berjalan monoton anatara kedua tim. Baik Italia maupun Swedia terlihat bermain berhati-hati.

Baru pada menit ke-27 Swedia memperoleh peluang pertama. Tandukan Zlatan Ibrahimovic hampir saja membuka keunggulan bagi Swedia andai tak melambung di atas gawang Gainluigi Buffon.

Selanjutnya, Italia membalas melalui Graziano Pelle pada menit ke-33. Sayang, usaha pemain Southampton itu untuk menyundul bola masih bisa dipatahkan barisan belakang Swedia. Alhasil, Pelle gagal menyundul bola. Padahal, pemain berumur 30 tahun itu sudah berada di depan mulut gawang Swedia.

Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, pertandingan tak jauh bebeda dengan babak pertama. Kedua tim masih kesulitan membongkar pertahanan lawan masing-masing.

Italia mendapat peluang cepat lewat tendangan voli Pelle yang menyambar sodoran bola dari Eder. Sayang arahnya masih melenceng dari target.

Melihat timnya kesulitan dalam mencetak gol,  Antonio Conte memasukkan Simone Zaza menggantikan Graziano Pelle yang tampil mengecewakan. Masuknya Zaza membuat serangan Italia lebih hidup.

Pasukan Erik Hamren mendapat peluang di menit ke-72. Namun, Ibrahimovic yang tinggal mencocor bola saja justru terjebak dalam posisi offside.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Italia akhirnya hadir dua menit jelang waktu normal babak kedua berakhir. Sebuah lemparan ke dalam dari Giorgio Chiellini disundul oleh Zaza menuju Eder. Penyerang Inter Milan ini melakukan solo run melewati beberapa pemain belakang Swedia sebelum melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak sanggup dibendung Andreas Isaksson.

Setelah gol Eder, Swedia menyerang total ke pertahanan Italia. Namun, usaha Ibrahimovic cs tak membuahkan hasil hingga wasit meniup peluit akhir tanda berakhirnya pertandingan. Italia menang dengan skor tipis 1-0.

Susunan pemain:

Italia (3-5-2): Buffon; Chiellini, Barzagli, Bonucci; Candreva, Florenzi, Giaccherini, De Rossi, Parolo; Pelle, Eder.

Swedia (4-4-2): Isaksson; Johansson, Lindelof, Granqvist, Olsson; Larsson, Ekdal, Forsberg, Kallstrom; Ibrahimovic, Guidetti.