Amerika Serikat 2-1 Ekuador: Tuan Rumah Melaju ke Semifinal

0
Foto: Getty Images

Amerika Serikat (AS) memastikan lolos ke babak semifinal Copa America Centenario 2016 usai kalahkan Ekuador dengan skor 2-1 di CenturyLink Field,  Jumat (17/6).

Tampil di rumah sendiri tentunya AS ingin mempersembahkan yang terbaik untuk seluruh warga AS. Clint Dempsey cs tampil bertenaga sejak awal laga.

Ekuador yang bertindak sebagai tamu juga tidak menyerah begitu saja. Berstatus sebagai tim tamu tak membuat Ekuador bermain bertahan. Mereka meladeni pasukan Juergen Klinsmann dengan permainan terbuka.

Jual beli serangan pun terjadi di babak pertama. Serangan kedua tim masih tak membuahkan hasil hingga seperempat jam laga berjalan. Baru pada menit ke-22 Clint Dempsey membuat puluhan ribu pasang mata yang hadir di CenturyLink Field gegap gempita menyambut gol yang dicetaknya. Sebuah umpan terukur dari Jermaine Jones berhasil dikonversi menjadi gol oleh Dempsey.

Ekuador yang tertinggal satu gol mencoba untuk menucuri gol untuk menyamakan kedudukan. Namun, usaha Antonio Valencia cs tak membuahkan hasil hingga 45 pertama berakhir.

Pada awal-awal babak kedua, Ekuador gentian langsung memberikan tekanan untuk tim tuan rumah, mereka juga sempat melayangkan protes, setelah Enner Valencia dijatuhkan di kotak terlaran, namun tidak diindahkan wasit asal Kolombia, Wilmar Roldan.

Pertandingan babak kedua makin panas ketika Antonio Valencia melakukan pelanggaran keras kepada Alejandro Bedoya. Wasit pun memberikan kartu kuning kedua kepada Valencia. Sementara itu, dari kubu tuan rumah Jones mendapat kartu merah langsung akibat protes kerasnya pada saat terjadi perselisihan antarpemain sedang terjadi.

Sejak menit ke-53 kedua tim sama-sama bermain dengan 10 orang. AS berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-65 melalui gelandang Gyasi Zardes yang memanfaatkan umpan dari Dempsey.

10 menit berselang, Ekuador mampu mempertipis ketinggalan menjadi 1-2 melalui gol, Antonio Arroyo Mina yang memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Orlando Ayovi.

Melihat masih ada kesempatan, pemain-pemain Ekuador semakin bersemangat untuk memburu gol penyama kedudukan. Namun, AS mampu mempertahankan keunggulannya dengan baik. Hingga Roldan meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-1 tak berubah untuk Amerika Serikat.

Susunan pemain:

Amerika Serikat (4-4-2): Guzan; Besler, Johnson, Brooks, Cameron; Bedoya (Zusi 81’), Zardes (Bimbaum 90’), Jones, Bradley; Wood, Dempsey (Beckerman 75’)

Ekuador (4-2-3-1): Dominguez; Paredes (J. Ayovi 82’), Ayovi, Mina, Erazo; Noboa (Gaibor 62’), Gruezo (Ramirez 72’), Montero, Arroyo, A. Valencia; E. Valencia

loading...