Republik Ceko 2-2 Kroasia: Laga Sarat Drama

0
Foto: Reuters

Kemanangan Kroasia yang sudah di dipan mata akhirnya sirna ketika Rep. Ceko mencetak gol di masa injury time. Kedua tim harus puas bermain imbang dalam matchday kedua grup D Euro 2016, Sabtu (18/6).

Baik Ceko maupun Kroasia mengusung misi wajib menang untuk melirik peluang melaju ke babak 16 besar Euro 2016. Khusus Kroasia kemenangan di laga ini akan memastikan satu tiket di babak selanjutnya. Sementara Ceko haram hukumnya kalah dalam pertandingan ini. Pasalnya jika kalah mereka harus angkat kaki dari kompetisi akbar antarnegara Eropa ini.

Kroasia terlihat lebih mendominasi permainan sepanjang babak pertama. Di menit ke-8 Kroasia sudah mengancam lewat Milan Badelj. Namun, sepakan pemain 27 tahun tersebut masih menyamping dari gawag Petr Cech.

The Blazer semakin nyaman mengatur tempo permainan dan melakukan serangan. Ivan Perisic menadi pemain yang paling sibuk dari kubu Kroasia. Berkali-kali gelandang Inter Milan ini melakukan tusukan-tusukan yang mambahayakan pertahanan Ceko.

Di menit ke-21 umpan tarik Marcelo Brozovic gagal dikonversi menjadi gol oleh Ivan Rakitic. Tendangan gelandang Barcelona ini masih melambung di atas mistar.

Di menit ke-36 Ivan Rakitic masih belum beruntung, sepakan jarak dekatnya masih bisa dihalau oleh Cech.

Satu menit berselang Kroasia akhirnya bisa memecah kebuntuan lewat kreasi Ivan Perisic. Winger Internazionale ini berhasil merangsek ke kotak penalti.Perisic kemudian mengecoh seorang bek Ceko sebelum melepas sebuah tendangan keras. Bola dari kaki kiri Perisic ini akhirnya merobek jala gawang Cech.

Hingga turun minum Kroasia unggul 0-1 atas Rep. Ceko.

Memasuki babak kedua Luka Modric cs masih menguasai jalannya pertandingan. Sementara Ceko hanya mengandalkan serangan balik.

Di menit ke-59 Petr Cech kembali memungut bola dari gawangnya. Kesalahan pemain belakang Ceko dimanfaatkan oleh Marcelo Brozovic. Kemudian Brozovic mengiri umpan kepada Rakitic yang tak terkawal di depan kotak penalti Ceko. Tanpa kesulitan Rakitic menaklukkan Cech dalam situasi one on one.

Tertinggal dua gol membuat langkah Ceko sedikit berat. Namun, finalis Euro 1996 ini tak ingin menyerah begitu saja.

Asa bagi Ceko pun datang 15 menit sebelum pertandingan rampung. Sebuah umpan manis dari Rosicky diakhiri dengan sundulan Skoda yang menerjang keras gawang Kroasia.

Laga harus dihentikan sementara akibat flare yang di lemparkan suporter Kroasia ke tengah lapangan.

Saat pertandingan kembali dilanjutkan, petaka bagi Kroasia hadir di menit-menit akhir pertandingan. Bek Domagoj Vida kedapatan melakukan handsball di kotak penalti. Wasit Mark Clattenburg tak ragu menunjuk titik putih untuk Ceko.

Necid yang dipercaya menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sebuah penalti keras menghujam gawang Subasic.

Pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2. Dengan hasil ini Ceko masih memiliki peluang untuk melaju ke babak 16 besar. Sementara Kroasia harus menunda ambisi mereka lolos ke babak selanjutnya.

Susunan pemain:

Republik Ceko: Cech, Kaderabek, Hubnik, Sivok, Limbersky, Plasil (Necid ’86), Rosicky, Krejci, Skalak (Sural ’72), Darida, Lafata (Skoda ’67)

Kroasia: Subasic, Srna, Strinic, Corluka, Vida, Badelj, Modric (Kovacic ’62), Brozovic, Rakitic, Perisic, Mandzukic

loading...