Ini Tips Memilih Pengelola Reksadana yang Paling Aman

0
Tips Memilih Pengelola Reksadana yang Aman
Ilustrasi [Foto: Inspirasi.co]

Supernews.id, Bandung – Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan oleh para investor. Dimana jenis ini mempunyai resiko investasi yang lebih kecil daripada bentuk investasi seperti saham dan juga membutuhkan modal yang lebih sedikit daripada bermain saham.

Akan tetapi tentu saja bermain reksadana bisa menguntungkan terutama dalam jangka panjang sehingga jenis investasi ini menjadi salah satu favorit untuk para investor pemula untuk menanamkan dana yang dimiliki.

Walaupun mempunyai resiko yang kecil tentu saja investasi ini mempunyai resiko sehingga para investor harus berusaha untuk memilih dengan matang perusahaan atau pihak yang akan diberikan dana yang dimiliki tersebut.

Salah satunya dengan memilih pengelola reksa dana dengan tepat yaitu manajer investasi. Beberapa cara aman yang bisa dilakukan ketika memilih manajer investasi yang tepat tersebut adalah sebagai berikut:

Mempunyai izin kerja

Apabila ingin mendapatkan manajer investasi yang tepat dan aman. Maka hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah mempunyai izin kerja yang resmi. Manajer investasi baik lembaga atau pribadi tersebut harus mempunyai izin dari pihak otoritas pasar modal yang ada di Indonesia. Seperti contohnya mempunyai izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan juga dari Bapepam. Dengan memilih manajer investasi resmi maka reksa dana Anda bukan hanya menguntungkan tetapi juga aman.

Mempunyai pengalaman kerja

Cara kedua untuk memilih manajer investasi adalah yang mempunyai pengalaman kerja. Anda bisa untuk memilih manajer investasi yang mempunyai cukup pengalaman mengelola aset investor. Sehingga nantinya investasi yang dilakukan akan menguntungkan ketika memilih manajer investasi yang mempunyai perhitungan tepat dalam menanam dan membeli modal reksa dana di pasaran.

Melakukan pengecekan silang

Dan langkah terakhir memilih dan beli reksadana ini adalah dengan melakukan pengecekan ulang. Apabila telah diberitahu apabila manajer investasi yang akan Anda pilih sudah mempunyai izin resmi, sebaiknya lakukan pengecekan ulang terlebih dahulu. Apabila benar-benar resmi seperti BNP Paribas maka data MI tersebut akan ada di website OJK yang resmi.

loading...