Peru 0-0 Kolombia (Adu Penalti 2-4): Los Cafeteros Menuju Semifinal

0
Foto: Getty Images

Lewat drama adu penalti, Kolombia berhasil melaju ke babak semifinal Copa America Centenario 2016. Baik Kolombia maupun Peru sama-sama tak mampu mecetak gol di 90 menit waktu normal sehingga pemenang harus ditentukan lewat babak adu tos-tosan, Sabtu (17/6).

Sejak awal laga Kolombia yang dihuni sejumlah bintang klub top Eropa tampil menekan. Juan Cuadrado dan James Rodriguez yang bertugas melayani penyerang tunggal, Carlos Bacca, beberapa kali membuat pertahanan Peru kerepotan.

Peru bebrapa kali mampu mengimbangi permainan Los Cafeteros lewat serangan balik cepat melalui Christian Cueva, Edison Flores dan penyerang tunggal Paolo Guerrero.

Namun, usaha kedua tim untuk mencetak gol tak kunjung terwujud hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, baik Peru maupun Kolombia tak menurunkan tempo permainannya. Pertandingan berjalan lebih seru di babak kedua karena Kolombia dan Peru memeragakan permainan terbuka.

Kolombia terus mencoba peruntungan melalui Carlos Bacca, Juan Cuadrado dan juga James Rodriguez. Namun, pertahanan Peru mampu tampil baik dan mampu membuat Bacca tak bisa berbuta banyak di depan gawang.

Begitu pun juga dengan usaha Peru melalui Paolo Guerrero dan Christian Cueva masih terbentur tembok kokoh Kolombia yang digalang Christian Zapata.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedua kesebelasan tak mampu membuat gol satu pun.

Pertandingan pun harus berlanjut ke babak adu penalti. Untuk diketahui, Copa America Centenario 2016 kali ini tak memakai extra time atau babak perpanjangan waktu 2×15 menit. Sehingga jika tak ada pemenang hingga 2×90 menit, pertandingan langsung dilanjutkan ke babak adu tos-tosan.

Di babak adu penalti, empat penendang pertama penendang dari Kolombia sukses mencetak gol dengan baik, sementara penendang ketiga dan keempat Peru, Miguel Trauco dan Christian Cueva gagal memaksimalkan dengan baik, hal ini pun akhirnya membuat Kolombia yang berhak lolos ke babak semifinal Copa America Centanario 2016.

Susunan Pemain

Peru (4-2-3-1): Gallese; Corzo, Ramos, Rodriguez, Trauco; Tapia, Vilchez; Polo (Benavente 81′), Cueva, Flores (Ruidiaz 77′); Guerrero.

Kolombia (4-2-3-1): Ospina; Arias, C. Zapata, Murillo, Diaz (Fabra 90′); Sanchez, Torres (Perez 80′); Cuadrado, James, Cardona (Moreno 76′); Bacca.

loading...