Argentina 4-1 Venezuela: Albiceleste ke Semifinal

0
Foto: Getty Images

Tim Tango Argentina tampil prima saat mengadapi Venezuela di babak perempatfinal Copa America Centenario 2016. Lionel Messi cs menghancurkan Venezuela dengan skor 4-1 dan berhak tampil di babal semifina.

Sejak menit awal, Argentina yang mengetahui Venezuela dapat menjadi batu sandungan langsung mengambil inisiatif untuk melayangkan serangan cepat.

Hadirnya sang mega bintang Lionel Messi yang pergerakkannya ditemani oleh dua pemainnya di lini depan, Nicolas Gaitan dan Gonzalo Higuain langsung membuat lini pertahanan Venezuela bekerja keras.

Usaha mereka pun langsung membuahkan hasil saat memasuki menit ke-8, sebuah umpan terukur dari Messi mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Higuain, skor 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Hampir di seluruh pertandingan ini bola lebih banyak dikuasai oleh Argentina, sementara Venezuela harus bersabar dalam membangun serangan karena mereka terus mendapat tekanan.

Tak mampu berbuat banyak, pada menit ke-28 lagi-lagi Higuain mencantumkan namanya di papan skor untuk menggandakan keunggulan tim Tango menjadi 2-0.

Setelah terus ditekan, menjelang turun minum Venezuela seakan baru memanas, mereka mampu memberikan serangan. Bahkan nyaris mempertipis kedudukan menjadi 1-2, sayang tendangan penalti yang diambil oleh Luis Manuel Seijas terlalu lemah.

Hingga akhirnya, Argentina pun tetap unggul dengan skor 2-0 di paruh babak pertama ini.

Setelah istirahat kurang lebih selama 15 menit, Argentina tidak menurunkan tempo permainan mereka dengan kembali langsung memberikan serangan kejutan.

Mendapat serangan secara mendadak membuat lini pertahanan Venezuela ketar-ketir, terlebih banyak pemain tim Tango yang memiliki naluri untuk mencetak gol, sehingga membuat mereka harus menutup pergerakkan lawannya tersebut.

Usaha bertahan Venezuela pun akhirnya jebol kembali, kali ini datang dari sang mega bintang Lionel Messi yang mampu memanfaatkan umpan manis dari Gaitan.

Unggul 3-0 membuat permainan Argentina semakin tak terbendung, mereka semakin menggencarkan serangan bertubi-tubi.

Selang 10 menit kemudian, terlalu asyik menyerang lini pertahanan mereka sedikit mengendur, hal ini juga berhasil dimanfaatkan oleh Venezuela dengan baik. Melalui sundulan tipis Salomon Rondon yang menerima umpan dari Alejando Guerra Morales mampu mempertipis kedudukan menjadi 3-1.

Sayang, selebrasi Rondon tak berlangsung lama, hanya selang beberapa detik, Argentina kembali melakukan serangan cepat dan mampu memperlebar keunggulan menjadi 4-1 melalui Eric Lamela yang sebelumnya menerima umpan one-two dari Messi.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Argentina mulai mengendurkan tempo permainan mereka namun masih tetap menguasai bola, sementara Venezuela sepertinya sudah pasrah karena peluang untuk mengejar angka sudah tidak memungkinkan lagi menyusul waktu yang semakin menipis.

Hingga akhirnya, wasit asal Meksiko, Roberto Garcia meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Argentina pun menang dengan skor 4-1 dan berhasil lolos ke semifinal menghadapi tuan rumah di kompetisi ini, Amerika Serikat.

Susunan pemain kedua tim

Argentina: (4-3-3): Romero; Rojo, Funes-Mori, Otamendi, Mercado; Banega (Biglia 80’), Mascherano, A. Fernandez; Gaitan (Lamela 68’), Higuain (Aguero 74’), Messi

Venezuela: (4-4-2): Daniel Hernandez;  Vizcarrondo, Feltscher, Angel, A. Gonzales; Rincon (Velazquez 85’), Guerra, Figuera, Seijas (Anor 55’); Rondon, Martinez (Del Valle 80’)

loading...