Slovakia 0-0 Inggris: Singa Tak Punya Taring

0
Foto: Getty Images

Hasil imbang tanpa gol di laga terakhir penyisihan grup B kontra Slovakia sudah cukup mengantarkan The Three Lions melaju ke babak 16 besar Euro 2016 dengan satus sebagai runner up grup dibawah “saudaranya”, Wales, Selasa (21/6).

Inggris mendominasi laga babak pertama. Pasukan Roy Hodgson mencatatkan ball possession sebanyak 55%. Pemain Inggris berhasil mencatatkan 10 tembakan ke arah gawang dengan dua diantaranya tepat sasaran. Sementara Slovakia hanya berhasil melakukan satu tembakan tepat sasaran.

Kedua tim sama-sama memeragakan permainan terbuka sejak awal babak pertama. Slovakia dan Inggris mengandalkan kecepatan para pemainnya dalam membongkar pertahanan.

Henderson nyaris membuka keunggulan pada menit ke-15 usai menerima umpan dari Lallana, namun sepakan volinya masih bisa diblok Kozacik

Dua menit berselang Jamie Vardy gagal melewati Kozacik kendati sudah berhadapan satu lawan satu dengan sang kiper.

Tempo permainan cepat terus diperagakan oleh kedua tim. Inggris berhasil mendominasi penguasaan usai babak pertama melewati setengah waktu permaianan.

Namun, hingga akhir babak pertama kedua tim tak mampu membuka kran gol.

Buntu di babak pertama, Roy Hodgson melakukan perubahan dengan memasukkan Wayne Rooney dan Dele Alli untuk menambah daya gedor. Wayne Rooney masuk menggantikan Jack Wilshere sementara Dele Alli menggantikan Adam Lallana.

Masuknya kedua pemain tersebut membuat lini serang Inggris lebih memiliki kreativitas.

Rooney nyaris memecah kebuntuan pada menit 74 usai menerima sodoran bola hasil kerjasama Vardy dan Sturridge. Namun sepakan keras sang kapten masih bisa diblok.

Di 15 menit terakhir pertandingan, Harry Kane dimasukkan untuk menggantikan Daniel Sturridge yang masih buntu. Top skor Liga Premier Inggris 2015/2016 ini mendapat peluang di menit ke-87. Namun, Kane kalah dalam duel satu lawan satu dengan Kozacik.

Meskipun terus mendominasi penguasaan bola dan menggempur habis-habisan pertahanan Slovakia, Inggris tetap tidak mampu mencetak gol hingga peluit akhir dibunyikan. Skor imbang 0-0 pun menjadi hasil pertandingan.

Dengan hasil ini, Inggris lolos ke babak 16 besar menemani Wales. Sementara Slovakia terhempas di posisi ketiga klasemen akhir grup B dan masih memiliki peluang lolos lewat jalur peringkat ketiga terbaik Euro 2016.

Susunan pemain kedua tim:

Slovakia (4-3-3): Kozacik; Pekarik, Skrtel, Dirica, Hubocan; Kucka, Pecovsky (Gyomber 67′), Hamsik; Mak, Weiss (Skriniar 78′), Duda (Svento 57′).
Pelatih: Jan Kozak

Inggris (4-3-3): Joe Hart; Bertrand, Smalling, Cahill, Clyne; Wilshere (Rooney 56′), Dier, Henderson; Sturridge (Kane 76′), Vardy, Lallana (Dele Alli 60′).
Pelatih: Roy Hodgson

loading...