Irlandia Utara 0-1 Jerman: Gol Tunggal Gomez Muluskan Jalan Der Panzer

0
Foto: EPA

Supernews.id – Gol semata wayang Mario Gomez ke gawang Irlandia Utara di babak pertama sudah cukup menghantarkan armada Joachim Loew melenggang ke babak 16 besar Euro 2016 dengan status sebagai juara grup, Rabu (22/6).

Der Panzer tampil dominan sepanjang laga waktu 90 menit waktu normal. Jerman unggul 72 persen penguasaan bola dan mencatatkan 26 tembakan dengan sembilan tembakan yang mengarah ke sasaran.

Manuel Neuer dkk tampil menyerang sejak babak pertama dimulai. Di menit ke-7 Thomas Mueller nyaris saja membobol gawang Irlandia Utara andai sepakan jarak dekatnya tak dihalau oleh Michael McGovern.

Empat menit kemudian giliran Mario Goetze yang mengancam. Namun, sepkan keras gelandang Bayern Munchen tersebut masih melambung di atas gawang Irlandia Utara.

Der Panzer berkali-kali nyaris membobol gawang Irlandia Utara melalui aksi-aksi Muller yang bekerjasama dengan Ozil dan Gomez namun finishingnya masih belum menemui sasaran.

Jerman akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit ke-29 melalui Mario Gomez. Sodoran Mueller sukses dituntaskan menjadi gol oleh penyerang bernomor punggung 23 ini. Jerman unggul 0-1.

Jerman yang sudah unggul satu gol tak juga mengendurkan serangan. Namun, Irlandia Utara mampu bertahan dari keboblan lebih banyak hingga babak pertama bubar.

Memasuki babak kedua penguasaan bola masih condong ke Manuel Neuer cs. Mereka nyaris memperlebar keunggulan pada menit 59 melalui sepakan keras Sami Khedira dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa diblok kiper Irlandia. Mario Gomez coba memanfaatkan bola rebound namun sundulannya masih melebar.

Joachim Loew melakukan rotasi dengan mengganti Sami Khedira dengan Bastian Schweisteiger.

Irlandia Utara nyaris tanpa peluang di babak kedua ini. Mereka dipaksa bertahan sangat dalam untuk menghalau serangan-serangan dari para pemain Jerman.

Mesut Ozil mendapat peluang di menit ke-83. Namun, sepakannya masih belum tepat sasaran. Hinngga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, Jerman mampu mempertahankan keunggulan satu golnya.

Susunan pemain kedua tim:

Irlandia Utara (4-5-1): M. McGovern; Hughes, McAuley, Cathcart, Evans; Ward, Evans, Norwood, Davis, Dallas; Washington
Pelatih: M. O’Neill

Jerman (4-2-3-1): M. Neuer; J. Boateng, Hummels, Hector, Kimmich; Kroos, Khedira; Gotze, Ozil, Muller; Gomez
Pelatih: Joachim Low