Amerika Serikat 0-4 Argentina: Tuan Rumah Hancur Lebur

0
Foto: Getty Images

Supernews.id – Argentina menghancurkan harapan Amerika Serikat (AS) untuk tampil di final kejuaraan Copa America untuk kali pertama. Pada pertandingan yang berlangsung di NRG Dtadium, Houston, Albiceleste mempermalukan AS di hadapan publiknya sendiri. Tak tanggung-tanggung, gawang Brad Guzan di berondong empat gol tanpa balas, Rabu (22/6).

Sejak awal babak pertama, skuad arahan Gerardo Martino sudah mengambil penguasaan bola. Trio Ezequiel Lavezzi, Gonzalo Higuain dan Lionel Messi menjadi momok bagi pertahanan Tim Paman Sam. Terbukti, laga baru berjalan tiga menit Argentina sudah unggul lewat gol yang diciptakan oleh Lavezzi.

Umpan cungkil Messi disambut tandukan Lavezzi yang mampu menjebol gawang Bead Guzan. 0-1 Argentina unggul.

Unggul satu gol nampaknya tak membuat Argentina puas. Mereka semakin gencar menggempur pertahanan tuan rumah.

Argentina menggandakan keunggulan di menit ke-32 melalui eksekusi tendangan bebas cantik Lionel Messi. Kiper Brad Guzan tak mampu menjangkau bola yang ditempatkan di sudut kiri gawangnya. Keunggulan 0-2 Argentina bertahan hingga paruh pertama usai.

Usai turun minum, Lionel Messi dkk tampak menurunkan tempo permainannya. Namun, penguasaan bola masih di dominasi oleh Argentina.

Babak kedua baru berjalan lima menit, giliran Gonzalo Higuain yang mencatatkan namanya di papan skor usai meneruskan umpan terukur Lavezzi. Argentina menjauh 0-3.

Tertinggal tiga gol membuat Amerika semakin tertekan di hadapan publiknya sendiri. Mereka tak kuasa menahan gempuran Argentina sepanjang laga.

Hingga puncaknya pada lima menit jelang laga usai, Higuain kembali berhasil memperdaya Guzan untuk membawa Argentina unggul telak 0-4. Gol tersebut berawal dari pemain belakang AS yang melakukan blunder fatal. Bola berhasil direbut Messi dan mengirimkan operan mendatar kepada Higuain yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan penyerang Napoli tersebut meceploskan bola ke gawang AS.

Gol tersebut sekaligus memantapkan langkah Argentina melaju ke final Copa America. Kesempatan ini sekaligus menjadi ajang penebusan kegagalan final di tahun lalu.

Susunan Pemain

Amerika Serikat (4-4-2): Brad Guzan, Geoff Cameron, John Brooks, Deandre Yedlin, Michael Bradley, Kyle Beckerman, Fabian Johnson, Graham Zusi, Clint Dempsey, Chris Wondolowski, Gyasi Zardes.

Argentina (4-3-3): Sergio Romero, Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcus Rojo, Ramiro Funes Mori, Javier Mascherano, Augusto Fernandez, Ever Banega, Lionel Messi, Gonzalo Higuain, Ezequiel Lavezzi.