Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Modem

0
Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Modem
Ilustrasi (Foto: KomputerLamongan.com)

Supernews.id – Pada saat ini, di mana jaman sudah mengalami kemajuan begitu cepat, teknologi juga ikutan berkembang dengan demikian pesatnya. Dengan adanya teknologi yang sudah semakin maju ini pasti akan diiringi oleh perkembangan perangkat-perangkatnya. Salah satu perangkat di dalam teknologi yang sering kita jumpai dan juga kerap kita gunakan adalah modem.

Selama ini kita sudah sering mendengar tentang kata modem ini dan sejauh yang kita tahu modem adalah suatu perangkat yang bisa dijadikan penghubung kita dengan dunia maya. Maksudnya adalah kita bisa membuka atau mengakses internet jika ada modem. Modem sangat membantu kita mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat.

Pengertian Modem

Itu tadi pengertian modem menurut apa yang kita ketahui. Sebetulnya pengertiannya lebih luas dari itu. Marilah kita mengupasnya di sini. Yang pertama-tama, perlu kita ketahui adalah kata modem itu sendiri. Modem itu sebenarnya merupakan suatu singkatan dari dua buah kata, yakni modulator demodulator.

Cara kerja keduanya berbeda-beda, masing-masing memiliki tugas atau fungsi yang tidak sama namun saling berkaitan satu dengan yang lain. Sinyal informasi dirubah menjadi sinyal pembawa atau carrier selanjutnya siap untuk dikirimkan. Tugas yang barusan ini menjadi bagian dari modulator.

Sinyal pembawa tadi kemudian dipisahkan dari sinyal informasi agar nantinya semua informasi yang dibutuhkan dapat diterima dengan baik dan jelas. Inilah yang menjadi tugas dari bagian demodulator. Baik itu modulator maupun demodulator mempunyai tugas atau fungsi yang sama-sama penting.

Jika kedua kata tersebut digabungkan, akan terbentuk satu kata yang sudah sangat populer, yakni modem. Kalau bisa kita simpulkan di sini bahwa modem adalah bagian dari perangkat teknologi yang saling melengkapi, sifatnya dua arah.

Fungsi Modem

Modem bisa digunakan sebagai alat komunikasi pada microwave radio namun selama ini yang kita jumpai dan kita tahu perangkat komputerlah yang lebih sering memakai modem untuk keperluan komunikasi atau berhubungan dengan internet.

Jadi cara kerja modem untuk komputer garis besarnya seperti berikut. Data yang ada di komputer bentuknya masih berupa sinyal digital. Setelah menerimanya dari komputer, langsung diubah menjadi sinyal analog.

Demikian pula sebaliknya jika suatu ketika bahwa data yang diterima oleh modem berupa sinyal analog maka akan langsung diganti menjadi sinyal digital. Pada tahapan atau proses berikutnya komputerlah yang pada akhirnya mengolah sinyal digital tersebut.

Jenis-Jenis Modem

Pengertian modem sudah kita ulas, kali ini kita melangkah ke pembahasan berikutnya yakni tentang jenis-jenis modem. Jika dilihat dari fisiknya modem dibedakan menjadi dua, modem internal dan modem eksternal.

Dari dua jenis tadi dipecah lagi menjadi banyak, di antaranya adalah ;

  • Modem GSM
  • Modem CDMA
  • Modem Kabel
  • Modem ISDN
  • Modem ADSL
  • Modem Analog
  • Modem Mifi

Jenis modem yang terakhir yakni modem mifi saat ini paling banyak dicari dan dijadikan pilihan banyak orang. Hal ini disebabkan karena dengan memakai satu modem mifi saja bisa langsung mengakses internet di berbagai perangkat teknologi yang kita miliki, seperti telepon seluler, laptop, ipad bahkan Personal Computer.

Modem mifi ini akan bisa mengakses internet dengan kualitas yang bagus jika memakai level atau jangkauan sinyal sampai dengan 4G. Jika memakai modem 4G maka internet dapat diakses lebih cepat. Baik itu untuk telepon seluler, untuk laptop maupun untuk dipakai di Personal Computer yang kita miliki. Info lebih lanjut tentang teknologi 4G ini akan kita ulas pada uraian di bawah ini.

Seluk Beluk Modem 4G

Modem 4G saat ini merupakan modem yang paling banyak diburu oleh masyarakat yang selalu bergulat dengan berbagai macam perangkat teknologi. Banyak orang yang lebih memilih modem 4G ini untuk digunakan pada sejumlah perangkat teknologi yang dimilikinya seperti telepon seluler, laptop dan Personal Computer karena keunggulan-keunggulannya.

Keunggulan dari modem 4G ini antara lain bisa terhubung ke internet lebih cepat sehingga siapa saja yang butuh koneksi internet dengan cepat supaya pekerjaannya bisa selesai tepat waktu pada akhirnya memilih modem 4G.

Sebelum kita melangkah lebih lanjut, ada baiknya terlebih dahulu kita jelaskan secara singkat tentang apa itu modem 4G. Lebih tepatnya adalah modem yang menggunakan teknologi 4G. Kita bahas dulu tentang 4Gnya. 4G sebetulnya merupakan sebuah peringkat di dalam teknologi, yakni fourth generation technology.

Istilah 4G didasarkan pada penyebutan suatu standar generasi, yang merupakan generasi keempat dari generasi yang sudah ada sebelumnya, yang sebenarnya untuk pertama kalinya teknologi ini diterapkan pada telepon seluler. Kemudian seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, generasi 4G ini diterapkan juga pada modem. Sehingga saat ini kita sering mendengar tentang adanya modem 4G.

Sebelum berkembang menjadi teknologi 4G, sudah muncul generasi sebelumnya, yakni generasi 2G dan generasi 3G. Dua teknologi komunikasi ini, 2G dan 3G belum bisa diterapkan di berbagai perangkat elektronik selain telepon seluler. Penyebabnya karena belum tersedianya jaringan pita yang lebar.

Namun tidak demikian halnya dengan sistem 4G. karena sudah dirancang lebih canggih, yang sudah menggunakan jaringan pita ultra lebar maka tidak hanya telepon seluler, berbagai perangkat eletronik lainnya lagi misalnya seperti laptop, ipad, tablet maupun Personal Computer bisa diterapkan.

Karena merupakan jaringan teknologi yang masih baru, tentunya banyak sekali anggapan atau pendapat yang muncul sehubungan dengan modem 4G. Pendapat-pendapatnya seperti berikut ini :

  • Modem 4G yang berbasis IP ini bisa terintegrasi secara penuh jika sudah terjadi pengkonversian antara teknologi nirkabel dengan teknologi kabel.
  • Modem 4G yang berbasisi IP ini bisa terintegrasi secara penuh jika dengan kemampuan yang maksimal bisa menghasilkan suatu kecepatan sesuai yang diinginkan, yakni kecepatan 100MB per detik dan juga kecepatan 1GB per detiknya. Dua kecepatan tersebut terjadinya di dalam ruangan serta di luar ruangan. Kualitas yang dimilikinyapun tergolong kualitas yang premium. Keamanannya juga dirancang dengan sistem yang sangat bagus, tinggi sekali.

Saat ini jaringan teknologi yang menggunakan modem 4G ini dengan gampang kita jumpai. Jaringan teknologi 4G, lebih tepatnya lagi modem 4G sudah dihadirkan oleh semua operator seluler yang ada di Indonesia.

Bagi anda yang bertempat tinggal dan tersebar di kota-kota tertentu yang merupakan kota-kota besar yang ada di wilayah negara Indonesia sudah bisa menikmati jaringan teknologi modern modem 4G ini. Dan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi jaringannya akan diperluas sampai ke berbagai kota kecil di pelosok Indonesia.

Harga dari modem 4G ini bervariasi, ada yang dibandrol dengan harga paling murah sebesar 300 ribuan, ada juga yang harganya sangat mahal, hampir mencapai dua juta rupiah. Pilihan ingin menggunakan modem 4G yang mana sepenuhnya tergantung dari kita. Tergantung dari kebutuhan dan tentu saja dana yang kita punya.

loading...