Wales 3-1 Belgia: Si Naga ke Semifinal

0
Foto: Getty Images

Tim Nasional Wales membuat kejutan di babak perempatfinal Euro 2016. Dinihari tadi (WIB) Gareth Bale cs sukses mengalahkan tim yang difavoritkan menjadi juara, Belgia. Tak hanya satu, tiga gol berhasil digelontorkan armada Chris Coleman ke gawang Thibaut Courtois, Sabtu (2/7).

Bertanding di Stade Pierre-Mauroy, kedua tim tampil dengan kekuatan terbaiknya. Dari kubu Belgia, Eden Hazard yang sempat diragukan, akhirnya masuk dalam starting line up. Bersama Kevin De Bruyne, Hazard menjadi otak serangan dan pelayan Romelu Lukaku yang menjadi ujung tombak.

Sedangkan di kubu Wales, Gareth Bale masih dipasang  di lini depan berpasangan dengan Hal Robson-Kanu. Aaron Ramsey dan Joe Allen diplot sebagai penyuplai bola dan penjaga keseimbangan lapangan tengah Wales.

Pada awal babak pertama, Belgia nampak bernafsu untuk mencuri gol cepat. Beberapa peluang mampu mereka peroleh, namun belum ada satu pun yang mampu merobek gawang Wales yang dijaga Wayne Hennessey.

Baru pada menit ke-13, Setan Merah sukses membuka keunggulan. Kombinasi Hazard, Witsel dan Nainggolan dituntaskan dengan sepakan keras Nainggolan dari jarak 30 meter. Bola meluncur ke pojok kanan gawang dan tak mampu diantisipasi oleh Hennessey. 0-1 Belgia unggul.

Selepas gol Nainggolan, penguasaan bola berpindah ke kubu The Dragons. Joe Allen mampu memainkan perannya sebagai jenderal lini tengah Wales.

Hasilnya di menit ke-30, Wales akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan sudut, Ashley Williams yang merupakan kapten tim berhasil mengkonversi umpan silang Ramsey.

Babak pertama ditutup dengan skor imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, Marc Wilmots memasukkan Marounae Fellaini menggantikan Yannick Carrasco yang tampil kurang maksimal. Alhasil lini tengah kembali dikuasai oleh pemain-pemain Belgia.

Meski banyak menguasai bola, Belgia justru harus kebobolan di menit ke-54. Robson-Kanu menerima umpan silang Aaron Ramsey dan sukses mengecoh tiga pemain Belgia di kotak penalti sebelum menaklukkan Thibaut Courtois.

Eden Hazard cs yang tertinggal satu gol langsung total menyerang. Beberapa peluang mampu mereka ciptakan namun masih terbentur pertahanan Wales yang tampil solid.

Di tengah usahanya memburu gol penyeimbang, Belgia kembali kebobolan sepuluh menit jelang laga usai. Lewat situasi serangan balik, Chris Gunter yang menyisir dari sisi kanan melepaskan umpan silang yang sukses dikonversi menjadi gol oleh pemain pengganti, Sam Vokes.

Di sisa waktu, armada Marc Wilmots tak mampu memperoleh gol tambahan. Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-1 untuk keunggulan The Dragons.

Dengan hasil ini, Wales berhak atas satu tempat di semifinal Euro 2016 dan akan bertemu dengan Portugal.

Susunan pemain

Wales: Hennessey; Chester, A. Williams, Davies; Gunter, Ledley (King 78′), Allen, Taylor; Ramsey (Collins 90′), Bale; Robson-Kanu (Vokes 80′).

Belgia: Courtois; Meunier, Denayer, Alderweireld, J. Lukaku (Mertens 75′); Witsel, Nainggolan; Carrasco (Fellaini 46′), De Bruyne, Hazard; R. Lukaku (Batshuayi 83′).