Malam ke 5 Ramadhan, Majdah Agus Ceramah Tarwih di Masjid Rappokalling

0

Supernews.id, Makassar – Rektor Universitas Islam Makassar Majdah Agus Arifin Nu’mang memberikan ceramah tarwih malam ke-5 di Masjid Darul Ikhlas Rappokaling Makassar, Minggu (20/5), tampak hadir ribuaan jammah baik di dalam masjid maupun dibahu jalan untuk mendengarkan ceramah tarwihnya.

Dalam ceramahnya Majdah yang juga istri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini membawakan materi ceramah yang telah ditentukan panitia yakni, Ramadhan sebagai Kendali Politik Bermartabat. Menurutnya, momentum Ramadhan tahun ini harus kita jadikan sebagai proses muhasabah untuk memilih pemimpin yang bermatarbat, jauh dari sifat-sifat tercela, dan tentunya dekat dengan sifat kepemimpinan Rasulullah.

“Apa itu kepemimpinan Rasulullah yakni dalam memimpin seseorang harus memiliki sifat shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah.”

Shiddiq adalah benar, jadi seorang pemimpin harus sejalan dengan kata dan perbuatannya.

Kemudian apa itu amanah, ialah setiap pemimpin itu harus dipercaya, sedangkan tabligh merupakan sifat Rasulullah yang berani menyampaikan sesuatu yang benar walaupun pahit.

Terakhir fathonah yakni seorang pemimpin itu harus cerdas, berpengalaman dan bijaksana. Tutupnya

Disisi lain itu semua pihak baik kandidat, tim dan masyarakat pendukung harus mampu menahan diri dari hal-hal yang merusak tatanan sehingga pilkada menjadi tidak aman, sebagaimana hakikat puasa adalah menahan diri dari perbuatan yang bisa merusak atau batalnya puasa kita.

Niat dan tujuan puasa adalah untuk melatih diri mencapai derajat taqwa sebagaimana niat dan tujuan pilkada untuk mencari pemimpin yang terbaik dan menjadikan jabatan sebagai jalan untuk mengabdi kepada Allah swt, juga adalah sbg jalan mencapai derajat taqwa. (Andy Muhammad Idris)

loading...