Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal

1
Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal
Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal

Supernews.id – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang vital bagi manusia, yang memiliki peranan yang baik, sebagai salah satu organ penyaring kotoran dan kotoran yang disaring ini, akan dibawa keluar melalui air seni. Masalah pada ginjal ini akan muncul jika anda kotoran sisa yang ada didalam ginjal menjadi mengendap dan berubah menjadi kristal, sehingga nantinya akan berubah menjadi batu ginjal, yang akan menghambat kerja ginjal, dan proses pembuangan racun didalam tubuh anda, dan inilah yang dinamakan dengan batu ginjal.

Batu ginjal ini, biasanya terbentuk disebabkan oleh berbagai macam faktor yang bisa anda coba kenali, seperti faktor makanan, dan juga berbagai macam faktor lainnya. Biasanya makanan yang kita konsumsi memang sangat berpengaruh terhadap pembentukan batu ginjal ini, seperti makanan yang memiliki kandungan mineral tinggi, dll. Maka dari itu, untuk para penderita batu ginjal, ada baiknya untuk mengurangi, dan menghindari berbagai makanan yang bisa menyebabkan penyakit ini semakin parah, dan berikut ini adalah beberapa pantangan makanannya.

Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal

  1. Makanan yang mengandung oksalat

Yang pertama adalah makanan yang kaya akan kandungan oksalat. Oksalat yang ada didalam makanan ini, akan mudah sekali menjadi kristal yang akan menjadikan batu ginjal didalam tubuh anda. Maka dari itu, sebaiknya, batasi konsumsi makanan yang mengandung oksalat ini, setidaknya 50mg per harinya. Untuk jenis makanan yang mengandung oksalat ini, antara lain seperti coklat, stroberi, biji – bijian, gandum, dll.

  1. Makanan olahan susu

Susu memang sangat bermanfaat bagi tubuh, namun sebaiknya untuk para penderita batu ginjal, ada baiknya untuk membatasi makanan ini, karena makanan yang berasal dari olahan susu ini, memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium yang tinggi pada penderita batu ginjal sebaiknya dihindari, sebaiknya batasi asupan kalsium anda, setidaknya perharinya sebanyak 800mg.

  1. Jeruk dan makanan yang mengandung vitamin C

Bagi para penderita batu ginjal, sebaiknya untuk membatasi asupan makanan yang banyak mengandung vitamin C. Memang vitamin C sangat baik untuk tubuh, namun pada penderita batu ginjal, vitamin C ini, akan menghasilkan metabolisme, dan hasil metabolisme didalam tubuh ini, akan membentu oksalat, yang mana oksalat ini, memang tidak baik untuk para penderita batu ginjal.

  1. Makanan yang banyak mengandung garam

Selain itu, batasi makanan yang banyak mengandung garam, seperti ikan asin, atau makanan yang banyak mengandung garam lainnya. Kandungan garam ini, akan berperan memicu terjadinya batu ginjal dalam tubuh anda, sehingga sebaiknya, untuk konsumsi garam, batasi asupannya, maksimal dalam sehari sebanyak 3.500mg. selain itu, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih, karena dengan konsumsi air putih yang cukup, akan membantu meluruhkan batu yang ada didalam ginjal.

Demikian beberapa makanan pantangan yang dilarang penderita batu ginjal yang mesti anda ketahui, selain dari segi makanan, pengobatan yang baik pun tetap anda lakukan, agar batu ginjal yang ada didalam organ ginjal anda bisa segera teratasi.