Haru Biru; Perpisahan KKP Ners Nani Hasanuddin Di Akhir Jabatan Pak Kades

0

Supernews.id, Maros – Mahasiswa Ners Nani Hasanuddin mengakhiri masa Kuliah Kerja Praktek di Desa Pa’bentengang, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros, Sabtu/03/08 melalui pelaksanaan kegiatan MMD II (Musyawarah Masyarakat Desa II) dengan pemaparan hasil pelaksanaan dan evaluasi program kerja dari masing-masing posko yang juga merupakan kegiatan terakhir sebelun mahasiswa KKP kembali ditarik kembali ke kampus. MMD II yang dirangkaikan dengan perpisahan sederhana pun di gelar, linangan air mata warga dan rasa haru luar biasa Pak Kades membuat acara tersebut berlangsung begitu dramatis.

Singkat tapi beri kesan yang mendalam, kegiatan serta kebersamaan mahasiswa dengan warga selama empat minggu terakhir, begitu menyentuh perasaan masyarakat desa pesisir Maros tersebut. Amran Yusuf selaku kades setempat, ikut terbawa suasana haru. Bagaimana tidak, kerja nyata mahasiswa itu menandai masa akhir pengabdiannya sebagai kepala desa Pa’bentengang.

“Dalam akhir masa jabatan saya sebagai kepala desa Pa’bentengang, mahasiswa profesi ners datang, dengan memunculkan suatu program kerja yang sifatnya monumental. Memberi manfaat langsung bagi masyarakat”, Tutur Pak Kades.

Pernyataan Pak Kades tersebut, tak lepas dari kerja keras mahasiswa Ners angk. XVIII Nani Hasanuddin itu. Pembinaan warga sehat yang telah mereka lakukan tak tanggung-tanggung, dengan soliditas dan semangat tinggi mereka sambangi setiap rumah warga, menyapa dengan ramah untuk merekam keluhan warga terkait masalah-masalah kesehatan yang mereka alami.

Hasil pendataan itu mereka lanjutkan dengan penyuluhan intensif di masing-masing posko. Tercatat ada Enam posko yang bertempat di satu desa. Tentu saja dengan jumlah mahasiswa yang begitu banyak tersebar di desanya, Pak Kades begitu terbantu dalam membina kesehatan warganya, apalagi tak lama lagi jabatannya akan berakhir, kesan baik di ujung pengabdian adalah persembahan spesial bagi pemerintahan.

“Secara kuantitas mahasiswa Ners Stikes Nani adalah mahasiswa dengan jumlah yang paling banyak yang pernah ber-KKN di desa ini, dan ternyata juga dibarengi dengan kualitas yang sangat luar biasa, serta juga merupakan mahasiswa KKN yang paling heboh dan memiliki ikatan emosional kuat dengan masyarakat Pa’bentengang. Di akhir, saya ingin berpesan jadikanlah masyarakat Pa’bentengan sebagai sahabat sejati, yang sekalipun nanti akan jauh namun tetap terasa dekat, tak tergapai namun tetap bersinar dalam ingatan”, terang Pak Desa dalam sambutannya.

Kesuksesan mahasiswa menggelar KKP di desa Pa’bentengang, membuat kepala Puskesmas Kec. Marusu Burhanuddin Gamrin, SKM. M.Kes, turut hadir memberikan sepatah kata pada acara perpisahan tersebut. Meski kegiatan tersebut berskala desa, tetapi melihat hasil dari pembinaan yang dilakukan, dirinya mengharuskan diri hadir menyampaikan apresiasi dan terima kasih.

“Dengan adanya mahasiswa profesi Ners Stikes Nani Hasanuddin Makassar, yang ber-KKP di desa Pa’bentengang menjadi sebuah tolak ukur dalam menilai taraf kesehatan masyarakat, serta menilik masalah kesehatan apa saja yang muncul dan mungkin bisa bersifat mengancam terhadap derajat kesehatan msyarakat setempat, sehingga dengan adanya mahasiswa KKP ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi”, tuturnya.

Kerja keras mahasiswa tersebut berbuah manis, pihak kampus turut memberi apresiasi yang besar, itu disampaikan lewat Sekretaris Prodi Ners Nani Hasanuddin, Ns. Siti Nurbaya, S.Kep, M.Kes.

“Mahasiswa KKP Angk. XVIII ini adalah angkatan yang paling luar biasa, terlihat dalam salah satu kegiatan desa yaitu Jalan Santai Sehat, mahasiswa mampu memobilisasi masyarakat Pa’bentengan dalam jumlah yg sangat banyak untuk turut serta dalam kegaiatan mereka, belum lagi dengan terlaksananya program kerja lain, dari masing-masing posko yang tak kalah hebatnya”, tutur Siti Nurbaya yang juga sekaligus, pembimbing KKP.

Mendapat apresiasi besar dari pembimbing dan pemerintahan setempat, Abd. Halim selaku koordinator desa. Menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya, menurutnya apa yang mereka lakukan tak luput dari keikhlasan mereka bekerja.

“Alhamdulillah kegiatan keperawatan komunitas berjalan lancar dan baik, besar antusias masyarakat menyertai kesuksesan kegiatan mahasiswa profesi Ners angkatan XVIII , saya selaku kordes berterima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Pa’bentengan dan seluruh mahasiswa yang telah banyak berkontribusi dalam kegiatan keperawatan komunitas ini, semoga apa yang kita lakukan adalah ibadah,, aamin”, tutur Eng sapaan akrabnya, dengan sangat religius.

Acara perpisahan tersebut ditutup dengan acara bakar ikan serta karaoke gembira yang di persembahkan khusus oleh Pak Kades, terkhusus untuk Mahasiswa KKP Ners Nani Hasanuddin Makassar beserta segenap masyarakat Desa Pa’bentengang.

loading...