5 Tempat Wisata Pilihan Di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi

0
5 Tempat Wisata Pilihan Di Balikpapan

Supernews.id, Balikpapan – Kota yang terkenal dengan sebutan minyak ini adalah Balikpapan yang berada pada kawasan Kalimantan Timur. Merupakan salah satu kota terbaik dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena memiliki sumber daya minyak yang tinggi dan melimpah.

Kota yang dapat dikatakan dengan biaya hidup paling mahal se Indonesia, ternyata menyimpan banyak keindahan dibalik semua itu. Udara yang masih sejuk merupakan keuntungan kota tersebut dan memiliki maskot beruang madu, akan tetapi beruang madu kini sudah hampir punah.

Jika anda berkunjung berkunjung ke Balikapapan, Berikut ini Tempat Wisata Pilihan Di Balikpapan yang wajib anda eksplorasi.

  1. Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomulyo, Balikpapan. [Foto: Discover]

Hutan bakau yang terdapat berbagai habitat hewan merupakan wisata alam yang wajib dikunjungi. Pemandangan yang masih asri dan sejuk menjadi kenikmatan bagi setiap  pelancong dari daerah maupun mancanegara.

Selain itu hutan ini memiliki fasilitas berupa menara intai dan berfungsi sebagai melihat aneka burung yang berada di hutan bakau ini. Dilengkapi pula dengan jembatan kayu sepanjang 800 meter yang berguna untuk menunjang yang sedang menikmati keindahan hutan tersebut. Wisata ini sangat menggiurkan, sebab anda tidak akan dikenakan biaya masuk ke lokasi hutan wisata ini.

  1. Pantai Kemala
Pantai Kemala
Pantai Kemala, Balikpapan. [Foto: Kompas Wisata]

Salah satu pantai yang menjadi tempat favorit para pengunjung yaitu Pantai Kumala. Lokasi yang strategis berada dipusat kota, tepatnya di Jalan Jend. Sudirman, membuat ramai akan aksebilitas yang mudah dilakukan. Tidak perlu mahal, anda hanya mengeluarkan uang sebesar 500 per orang.

Pantai yang memberikan berbagai wahana, seperti banana boats, jet ski dan juga menyajikan kuliner yang menggoda lidah anda. Dari makanan seafood sampai dengan khas eropa. Menikmati pemandangan di sore hari dengan indahnya ombak dan pasir putih disertai pepohonan kelapa

  1. Pantai Lamaru
Pantai Lamaru
Pepohonan cemara yang rindang di area Pantai Lamaru. [Foto: Portal Balikpapan]

Pantai yang memfasilitasi pengunjungnya dengan lengkap, seperti tempat parkir luas, kamar ganti, toilet, mushola dan tempat makan. Anda juga dapat menyewa tikar dan ban renang dengan harga yang dipatok sekitar Rp. 10.000,- dengan tiket masuk seharga Rp. 10.000,- tiap orang. Termasuk terjangkau, bukan? Selain itu anda dapat bermain flying fox dan banana boat serta berkeliling pantai dengan menunggang kuda atau andong.

Anda tidak perlu bingung, karena Pantai Lamaru terletak di sebuah Desa Teritip dan dapat ditempuh selama 30 menit dari pusat kota yang berjarak 14 km. Pantai ini memiliki pramida pemandangan yang menakjubkan dengan air jernih dan pasir halus, lalu disetiap pinggiran tumbuh pohon cemara. Untuk itu, anda dapat bersantai bersama keluarga, kerabat dan rekan di pantai ini.

  1. Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai, Balikpapan. [Foto: Indonesia-Tourism.com]

Tempat wisata yang alami merupakan hutan hujan tropis yang berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Bukit ini angat banyak pohon bangkirai, karena itu disebut Bukit Bangkirai, bahkan ada pohon yang sudah berusia 150 tahun.

Bukit ini memberikan kolam renang, restoran dengan cottage bergaya rumah panggung dan yang terpenting adanya canopy bridge yaitu jembatan berfungsi untuk menghubungkan lima pohon bangkirai. Jembatan tersebut memiliki panjang 64 meter dan tingginya mencapai 30 meter  yang  terbuat dari kabel dan dasar papan serta dinding berjala. Hal ini sangat menarik karena merupakan jembatan kanopi pertama yang ada di Indonesia.

  1. Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip, Balikpapan. [Foto: Jefrihutagalung’s Blog]

Penangkaran buaya yang luasnya hanya 5 hektar menjadi tempat wisata dengan jumlah pengunjung banyak. Jumlah buaya sekitar 1.500 , selain buaya juga terdapat ular dan monyet. Serta gajah lampung sebagai kendaraan untuk berkeliling kawasan tersebut.

Anda dapat masuk ke dalam Penangkaran Buaya Teritip  sebesar Rp.10.000,-  tiap orang. Objek ini membuka jam kerja setiap hari mulai dari jam 08.00-17.00. Di penangkaran ini juga menyediakan sate buaya,  suvenir  yang bermacam-macam, seperti dompet dan ikat pinggang yang terbuat dari kulit buaya.

Itulah beberapa Tempat Wisata Pilihan Di Balikpapan yang bisa Anda kunjungi saat berlibur bersama kerabat.