Inilah Penyebab Gejala HIV AIDS dan Cara Mencegahnya

0
Penyebab Gejala HIV AIDS dan Cara Mencegahnya
Penyebab Gejala HIV AIDS dan Cara Mencegahnya, Gambar : gejalaaids.com

Supernews.id – HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang harus diwaspadai. Hal ini karena cara penularan virus HIV berbeda dari penyakit lainnya. Penularan virus tersebut dapat terjadi melalui darah, hubungan seksual, cairan vagina dan air mani. Tetapi virus ini tidak bisa menular secara kontak fisik biasa, misalnya berciuman atau berpelukan meski dengan orang yang terkena HIV & AIDS.

Baca Juga : 6 Cara Mudah Mencegah Penyakit Kanker Rahim

Virus HIV sendiri dapat menyerang sistem kekebalan tubuh pada manusia. Sementara AIDS merupakan tahap lanjutan atau bentuk paling parah dari infeksi virus HIV. Dengan demikian penderita akan rentan terhadap berbagai penyakit, terutama kanker. Saat ini belum ada obat pembasmi virus HIV/AIDS hanya saja sifatnya yang meringankan. Anda harus mengenal penyebab gejala dari HIV/AIDS dan cara mencegahnya seperti di sini.

Kenali Penyebab Gejala HIV/AIDS dan Cara Mencegahnya

Penyebab Gejala HIV/AIDS

  • Hubungan Seks Bebas

Berhubungan seks bebas dimana suatu hubungan intim yang tidak sehat serta tidak menggunakan pengaman. Jika  melakukan seks tanpa pelindung atau sejenis kondom akan lebih menunjang terinfeksi HIV/AIDS ketimbang hubungan seks yang dilengkapi kondom. Hubungan seks sangat memiliki peluang besar dalam terjadinya penyakit HIV/AIDS lebih Banyak, karena terjadi kontak antara sekresi pada cairan vagina di alat kelamin.

  • Transfusi Darah Tidak Steril

Pada penderita AIDS cairan di dalam tubuhnya sangat rentan untuk menularkan virus ke tubuh seseorang. Proses transfusi darah yang tidak steril terjadi akibat tidak terjamin dalam pemeriksaan secara teliti dalam memilih pendonor darah. Bisanya hal ini seringkali terjadi pada Negara yang baru berkembang, karena proses seleksi tidak ketat dan aman.

  • Penggunaan Jarum Suntik

Penggunaan jarum suntik terutama yang tidak steril dapat beresiko terjangkit virus AIDS. Biasanya hal seperti ini dilakukan oleh para pengguna narkoba karena saling bertukar jarum suntik. Dengan begitu, cairan tubuh si penderita HIV/AIDS akan menularkan ke tubuh yang sehat.

  • Penyakit Menurun

Penyakit menurun sendiri terjadi jika seorang ibu hamil pengidap AIDS akan menurunkan pada janin yang dikandungnya. Cara penularan virus HIV tersebut melalui rahim saat periode parinatal atau saat minggu terakhir pada kehamilan berlangsung. Sementara persalinan dan kehamilan tingkat penularan sebesar 15%, serta saat menyusui sekitar 4%.

Cara Mencegahnya HIV/AIDS

1.Melakukan Seks dengan Lebih Aman

Apabila akan melakukan hubungan seks dengan penderita HIV+, setidaknya harus menggunakan kondom saat berhubungan. Usahakan bagaimana caranya agar cairan tubuh tidak melakukan kontak fisik. Namun, sebaiknya jangan berhubungan seksual dengan orang yang terkena HIV, meski sudah memakai alat pengaman.

  1. Menghindari Kontak Darah pada Cairan Tubuh

Sebuah virus HIV/AIDS hanya terjadi melalui pertukaran cairan tubuh. Umumnya pertukaran darah itu melalui transfusi dengan tubuh yang terinfeksi HIV pada tubuh yang sehat. Nah, virus tersebut dapat tertular melalui luka pengindap HIV/AIDS. Karena itulah, anda harus menggunakan sarung karet seketika menangani penderita HIV.

  1. Perhatikan Jarum Suntik atau Alat Bedah

Perlu anda ketahui penggunaan jarum suntik, obat infus serta alat-alat bedah yang tidak aman mampu menularkan virus HIV pada tubuh yang normal (sehat). Dengan begitu anda harus waspada dengan memastikan jarum suntik yang akan masuk ke dalam tubuh anda merupakan steril dan bersih. Biasakan menggunakan jarum suntik sekali pakai.

Semoga artikel mengenai “Penyebab Gejala HIV/AIDS dan Cara Menceggahnya” dapat menambah pengetahuan kita semua. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan terinfeksi virus HIV, lantaran ada penyebab tertentu yang bisa menimbulkan HIV/AIDS.

loading...