Pengamanan Ekstra di Final Piala Bhayangkara

0
Sumber: Reuters

Supernews.id – Piala Bhayangkara pun mendekati akhirnya laga seiring laga final segera dilaksanakan. Perhelatan final Piala Bhayangkara akan dilakukan di Stadion Utama, Gelora Bung Karno pada Minggu (3/4).

Partai final yang mengadu Arema Cronus dengan Persib Bandung ini mengharuskan pihak yang berwenang memberikan pengamanan ekstra guna berjalannya laga tanpa kerusuhan apa pun.

Tak tanggung-tanggung, pihak berwenang menyiapkan 15.000 personel gabungan yang akan diturunkan pada laga yang segera berlangsung tersebut. Penurunan personel dengan jumlah fantastis itu dilakukan agar dapat menghindari kemungkinan kerusuhan yang bisa saja terjadi saat atau sesudah laga berlangsung.

Personel gabungan yang diturunkan adalah gabungan antara kekuatan POLRI dan TNI, memastikan keadaan terkendali. Walaupun sudah sering mengamankan pertandingan, laga yang akan segera berlangsung ini menjadi fokus perhatian kedua kekuatan bersenjata Indonesia tersebut. Pasalnya, seperti diketahui oleh masyarakat Indonesia, hubungan antara supporter Arema Cronus dan Persib Bandung tidaklah akur.

Irjen (Pol) Condro Kirono sebagai Ketua Organizing Committee menyataan bahwa Polda Metro Jaya akan menurunkan 11.000 personel guna memastikan keadaan yang kondusif sepanjang pertandingan.

Ditemui di Hotel Sultan, Senayan pada Sabtu (2/4), ia pun menyatakan bahwa aparat bersenjata juga diturunkan untuk megawal perjalanan suporter kedua tim yang datang dari daerah.

Pengamanan yang dilakukan oleh pihak bersenjata ini menggunakan sistem estafet, dimana pergerakan supporter yang memasuki satu daerah ke daerah lain akan dikawal oleh petugas.

Para suporter akan dikawal langsung menuju ke Gelora Bung Karno. Sementara itu, supporter Persib Bandung akan masuk terlebih dahulu ke dalam stadion, dilanjutkan dengan suporter Arema Cronus, Bali United dan Sriwijaya FC. Pengawalan dan pengaturan tersebtu dilakukan untuk menghindari adanya tawuran antar suporter.

Sementara itu, kedua tim yang tengah bersiap menjalani laga final pun memiliki beberapa pemain yang akan dinobatkan menjadi pemain terbaik. Seperti yang sudah diumumkan oleh Panpel Piala Bhayangkara, tiga pemain Persi yaitu Kim Jeffry Kurniawan. Tony Sucipto dan Samsul Arif serta dua pemain Arema yaitu Christian Gonzales dan Hendro Siswanto menjadi lima dari 10 pemain terbaik di laga Piala Bhayangkara tahun ini.

loading...